Senin 17 Dec 2018 17:18 WIB

TGB Respons Klaim Surya Paloh Dirinya Gabung ke Nasdem

Surya Paloh telah memastikan TGB Zainul Majdi secara informal telah gabung ke Nasdem.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Andri Saubani
Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) belum memutuskan untuk bergabung dengan partai politik mana pun usai keluar dari Partai Demokrat. Hal ini juga menjadi jawaban atas informasi yang menyebutkan bahwa Gubernur NTB periode 2008-2018 itu bergabung dengan Partai Nasdem.

TGB mengaku sangat menghormati Surya Paloh yang telah berkontribusi besar bagi Indonesia. "Pak Surya Paloh (Ketum Nasdem) tokoh nasional. Sangat saya hormati. Kerja dan kontribusi kebangsaan beliau sudah teruji. Jauh sebelum beliau mendirikan Nasdem," ujar TGB kepada Republika, Senin (17/12).

Meski begitu, TGB belum memutuskan sikapnya untuk bergabung dengan partai manapun, termasuk Nasdem. TGB saat ini memilih fokus berdakwah dan juga berikhtiar membantu pasangan Jokowi-Kyai Maruf dalam Pilpres 2019.

"Untuk saya pribadi, saya belum memutuskan masuk partai hingga saat ini. Saya fokus dakwah dan ikut berikhtiar membantu perjuangan bapak Jokowi bersama Kyai Makruf Amin," kata TGB.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memastikan mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dua periode, TGB Muhammad Zainul Majdi bergabung ke partainya. Surya Paloh mengatakan itu usai Temu Kader dan Konsolidasi Partai Nasdem dari Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Jember dan Lumajang, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (17/12).

Menurut Surya, secara informal TGB sudah bergabung ke Partai Nasdem, tetapi secara formal belum. "Keluarga besar NTB ada di Nasdem. (TGB) Formalnya belum, informalnya ya sudah. Formalnya sudah jelas nanti (masuk Nasdem) dan dalam proses," kata Surya.

TGB merupakan salah satu tokoh besar keagamaan NTB yang pernah menjabat sebagai gubernur masa jabatan 2008-2013 dan 2013-2018. TGB sendiri mengawali karier politiknya dari PBB dan terakhir merupakan politisi Partai Demokrat. Dalam kesempatan tersebut Surya Paloh juga menegaskan, partainya merupakan partai yang terbuka bagi semua kalangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement