Jumat 14 Dec 2018 23:07 WIB

Pemprov Siapkan Pengalihan Arus Lalin saat Konvoi Persija

Lalu lintas dari GBK hingga Balai Kota akan digunakan untuk konvoi persija

Rep: Farah Noersativa/ Red: Esthi Maharani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memeluk seorang suporter Persija Jakarta seusai laga melawan Mitra Kukar di Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (9/12).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memeluk seorang suporter Persija Jakarta seusai laga melawan Mitra Kukar di Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (9/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempersiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitaran Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan sampai dengan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (14/12). Sepanjang jalan tersebut akan dipergunakan untuk konvoi perayaan kemenangan Persija Jakarta dalam Liga 1 2018.

Plt Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Sigit Widjatmoko menjelaskan kegiatan konvoi akan dimulai pada  pukul 09.00 WIB. Rencananya, rombongan arak-arakan akan memulai konvoi dari Pintu 1 SUGBK menuju Jalan Asia Afrika menuju ke arah Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin.

"Kemudian dilanjutkan ke Bundaran Air Mancur (Patung Kuda) lalu belok kanan Jalan Medan Merdeka Selatan dan putar balik mengarah ke Balai kota DKI," kata Sigit dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (14/15).

Pihaknya juga telah menyiapkan rute pengalihan arus selama kegiatan konvoi berlangsung. Oleh sebab itu, Sigit pun mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menghindari rute lintasan konvoi dan menyesuaikan dengan pengaturan lalu lintas yang ada.

Selain itu, terdapat dua jalan yang akan ditutup selama acara berlangsung, yaitu ruas jalan Gerbang Pemuda sisi selatan dan jalan Asia Afrika sisi timur dan penutupan ruas jalan Medan Merdeka Selatan. "Pada saat kegiatan berlangsung akan dilakukan buka dan tutup jalan oleh petugas sehingga pengguna jalan dihimbau dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan," ujar Sigit.

Berikut merupakan pengalihan arus selama acara konvoi kemenangan berlangsung.

a) Arus lalu lintas dari arah Semanggi dilarang ke kiri yang menuju Jl. Gerbang Pemuda dialihkan lurus menuju Jl. Palmerah Timur dan seterusnya.

b) Arus lalu lintas dari arah Slipi yang akan menuju Jl. Gerbang Pemuda melalui Flyover Senayan dialihkan lurus kearah Semanggi dan seterusnya.

c) Arus lalu lintas dari arah Jl. Asia Afrika sisi barat dilarang belok kanan ke Jl. Pintu 1 Senayan dialihkan lurus dan seterusnya.

d) Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Semanggi dialihkan belok kiri menuju Jl. Pintu 1 Senayan dan seterusnya.

e) Arus lalu lintas dari arah Jl. Ridwan Rais dilarang belok kiri menuju Jl. Medan Merdeka Selatan dialihkan lurus ke Jl. Medan Merdeka Timur dan seterusnya.

f) Arus lalu lintas dari arah Jl. Medan Merdeka Utara dilarang belok kiri menuju Jl. Medan Merdeka Barat dialihkan lurus ke Jl. Abdul Muis dan seterusnya.

g) Arus lalu lintas dari arah Jl. Hayam Wuruk yang menuju Monas dialihkan belok kiri menuju Jl. H.Juanda dan seterusnya.

h) Arus lalu lintas dari arah Jl. H. Juanda dilarang belok kiri yang menuju Monas, dialihkan lurus ke Jl. Suryopranoto dan seterusnya.

i) Arus lalu lintas dari arah Jl. Budi Kemuliaan dilarang lurus menuju Jl. Medan Merdeka Selatan, dialihkan belok kiri ke Jl. Medan Merdeka Barat dan seterusnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement