Senin 10 Dec 2018 18:46 WIB

Suara Azan 'Menggerakkan' Bayi yang Dibuang

Bayi ditemukan warga yang sedang membuang sampah.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi Kaki Bayi
Foto: Pixabay
Ilustrasi Kaki Bayi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Seorang bayi ditemukan di depan rumah seorang warga yang beralamat Perum Duta Garden Blok A/7 RT.005/08 Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Senin (10/12). Bayi yang diduga baru dilahirkan itu ditemukan warga ketika hendak membuang sampah.

Kapolsek Benda Kompol Ubaidillah mengatakan, bayi ditemukan sekitar pukul 05.30 WIB saat pemilik rumah hendak membuang sampah. Menurut saksi, lanjut dia, bayi itu terbungkus dalam kantong plastik berwarna hitam.

"Ketika Siti Juhro (pemilik rumah) hendak membuang sampah melihat ada bungkusan platik waran hitam yang mencurigakan. Kemudian ia memberitahukan suaminya dan melaporkan itu melaporkan kepada sekuriti perumahan," kata Ubai ketika dikonfirmasi Republika, Senin (10/12).

Ia melanjutkan, ketiga orang itu membuka bungkusan plastik tersebut dan melihat seorang bayi yang diduga baru dilahirkan masih dalam keadaan hidup. Ketiga saksi, kata dia, langsung melaporkan ke Polsek Benda.

Ubai mengaku langsung membawa bayi ke bidan terdekat untuk melakukan pertolongan pertama. Bayi itu diketahui memiliki jenis kelamin laki-laki dengan berat 2,5 kilogram. "Setelah diberikan perawatan, kondisi bayi membaik. Kemudian saya azanin, bayi yang sebelumnya hanya diam, akhirnya menangis," kata dia.

Menurut dia, saat itu semua orang merasa bersyukur mendengar bayi menangis. Pasalnya, tangisan itu merupakan pertanda kehidupan bayi itu.

Ia mengatakan, setelah bayi menangis, pihaknya merujuk bayi ke RSUD Tangerang. Namun, pihaknya masih melakukan pengembangan untuk mengetahui identitas orang tua bayi itu. "Kami masih mencari dan memeriksa saksi, mengumpulkan bukti, kami dalami siapa orang tua bayi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement