Senin 10 Dec 2018 01:17 WIB

Ribuan KTP-El Tercecer di Jaktim, Ini Kata Kemendagri

Tidak ditemukan KTP-el yang beralamat di luar Jakarta Timur.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andri Saubani
Ilustrasi KTP elektronik (e-KTP)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ilustrasi KTP elektronik (e-KTP)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arief Fakhrulloh, mengatakan belum mengetahui secara pasti sumber ribuan KTP-el yang tercecer di Pondok Kopi. Kemendagri menyerahkan pengusutan kasus ini kepada Polda Metro Jaya.

"Kami juga belum tahu KTP-el tersebut diambil dari mana dan siapa yang membuang. Untuk pengusutannya kami serahkan penuh pada Polda Metro Jaya," ujar Zudan lewat keterangan tertulisnya kepada wartawan, Ahad (9/12) malam.

Dia lantas menjelaskan bahwa seluruh KTP-el yang ditemukan di Pondok Kopi sudah dicek ulang. Dari pengecekan itu, tidak ditemukan KTP-el yang beralamat di luar Jakarta Timur.

Berdasarkan hasil penghitungan, ada 2.153 keping KTP-el dari Pondok Kopi. Sebanyak 63 keping KTP-el dinyatakan rusak. Kemudian ada tiga keping KTP-el yang dicetak pada 2014 dan ada 2.087 keping KTP-el yang dicetak pada 2011-2013.

"Pencetakan KTP-el pada 2011-2013 tersebut dicetak langsung oleh konsorsium PNRI di pusat. Setelah itu itu dilakukan distribusi langsung ke kecamatan tanpa melalui Ditjen Dukcapil dan Dinas Dukcapil," tegas Zudan.

Sebelumnya, Ketua RW 11 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Ipit Purwanto, mengatakan jumlah KTP-el yang diduga dibuang di wilayahnya jumlahnya mencapai ribuan keping. Alamat yang tertera di ribuan KTP-el itu pun seluruhnya tercatat di Pondok Kelapa.

Ipit yang pertama kali mengamankan temuan itu sudah menghitung seluruh jumlah KTP-el yang ada. Dari seluruh temuan yang ada, jumlahnya mencapai 2.158 keping KTP-el.

"Semua KTP-el sudah kami lihat. Semuanya untuk Kelurahan Pondok Kelapa. (Alamatnya) dari semua RT dan RW yang ada di Pondok Kelapa," ujar Ipit ketika dihubungi Republika, Ahad.

Seluruh KTP-el tersebut ditemukan di area persawahan yang tidak jauh dari jalan raya. Tepatnya di Jl Karyabakti 6, RT 03/RW 11, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement