Ahad 09 Dec 2018 19:04 WIB

Ribuan KTP-El Tercecer di Jaktim, Ini Temuan Awal Polisi

Ribuan KTP-el ditemukan di Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta Timur, pada Sabtu (8/12).

Ilustrasi KTP elektronik (e-KTP)
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Ilustrasi KTP elektronik (e-KTP)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur mendalami kasus tercecernya KTP-elektronik (KTP-el) kedaluwarsa di sekitar Jalan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Sabtu (8/12). Berdasarkan informasi yang diperoleh, KTP-el yang tercecer tersebut berjumlah sekitar 2.000 buah yang dimasukkan dalam karung berukuran 20 kilogram (kg) di mana 63 di antaranya dalam keadaan rusak.

"KTP-KTP itu belum sempat didistribusikan karena saat itu muncul kasus KTP-el sehingga sempat terkendala dalam pembuatan KTP-el maupun distrubusi KTP-el. Tapi yang jelas ini benar keluaran Dukcapil yang harusnya dihancurkan karena sudah habis masa berlakunya," ucap Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Tony Surya Putra, Ahad (9/12).

Ada 10 saksi yang sudah diperiksa terkait pendalaman ini. Sebagian besar KTP-el tersebut, disebutkannya sudah habis masa berlakunya pada tahun 2016, 2017 dan 2018.

"Kami masih mendalami kasus ini, untuk menyelidiki apakah ada pelaku yang membuang sengaja atau tidak," kata Tony.

"Karena itu kami belum bisa menentukan pelanggarannya apa, karena saat ini masih dalam pemeriksaan. Nanti jika sudah didapatkan pelakunya, akan ketemu pelanggarannya," ujar Tony, melanjutkan.

Sebelumnya, penemuan KTP-el oleh anak-anak yang sedang bermain bola di area persawahan Jl Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit, ini dilaporkan sekitar pukul 13.30 WIB oleh pihak RW ke polisi. Saat diperiksa oleh warga setempat, KTP itu ditemukan dalam kondisi tidak terpotong-potong dan terisi dengan data pribadi warga. Meski demikian, sebagian KTP ditemukan dalam kondisi rusak dan tidak terbaca tulisannya.

Dari hasil perhitungan di Mapolsek Duren Sawit, awalnya jumlah KTP-el disebut sebanyak 1.706 buah. "1.706, sudah kita hitung. Dari Kelurahan Pondok Kelapa seluruhnya," ujar Kapolsek Duren Sawit Komisaris Polisi Parlindungan Sutasuhut, Sabtu (8/12).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement