Selasa 04 Dec 2018 01:14 WIB

Sandiaga Kagumi Ketangguhan Emak-Emak Adang Langkahnya

Sandiaga Uno kagum melihat pertumbuhan UMKM di sekitar masjid.

Sandiaga Uno
Foto: Raisan Al Farisi/Republika
Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres nomor urut 02, Sandiaga Uno, berziarah ke makam Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf di Pekauman, Gresik, Jawa Timur, Senin. Usai melakukan ziarah, pasangan capres Prabowo Subianto itu nyaris tidak bisa menuju mobil.

Seperti dilaporkan Antara, Emak-emak, umi-umi dan masyarakat sekitar terus menahan langkahnya. Mereka ingin berswafoto dan bersalaman dengan mantan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut.

''Luar biasa. Saya kagum dengan ketangguhan dan tekad ibu-ibu di sini,'' ujar Sandiaga.

Sandiaga memulai perjalanan untuk menyerap aspirasi masyarakat di Jawa Timur dengan melaksanakan shalat Dzuhur di  Masjid Jami Gresik. Usai menegakkan shalat, Sandiaga berziarah ke makam Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf. Dia melanjutkan berziarah ke makam Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim.

Sandi juga kagum melihat pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di sekitar masjid. Ada kuliner, keperluan ibadah, warung oleh-oleh, hingga makanan ringan.

Ia menyebutnya dengan 'wisata religi' yang bisa memakmurkan masyarakat sekitarnya dan memberikan berkah pada para pelaku UMKM. ''Kita lihat saja geliat ekonomi di sini. Bayangkan jika ekonomi sekarang lebih baik, tentu akan lebih ramai dan makin banyak kunjungan,'' katanya.

Setiap  bus yang terparkir, membawa tamu-tamu yang ingin ke massjid atau ziarah. Mereka pasti bebelanja untuk makan atau sekedar membeli oleh-oleh.

''Tahun 2019, jika Prabowo Sandi terpilih, Insya Allah lapangan kerja tersedia dan tercipta,'' kata Sandiaga. ''Harga-harga stabil dan terjangkau.''

Sandi menyebut Gresik adalah daerah penting buat Indonesia, karena merupakan daerah industri. Namun dia berjanji akan meningkatkan ekonomi UMKM, ekonomi untuk rakyat yang kini terkena dampak atas lambatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement