Senin 03 Dec 2018 11:45 WIB

PAN Belum Juga Kirim Surat Pergantian Taufik ke Pimpinan DPR

Taufik Kurniawan kini telah berstatus tersangka korupsi di KPK.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan menggunakan rompi orange usai  menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (11/2).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan menggunakan rompi orange usai menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (11/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengungkapkan, hingga saat ini pimpinan DPR belum menerima surat penggantian Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN, Taufik Kurniawan. Padahal, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjanjikan, bahwa DPP PAN akan mengirimkan surat pergantian ke pimpinan DPR pada Senin (3/12).

Pergantian dilakukan pascapenahanan Taufik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Taufik kini telah berstatus tersangka kasus dugaan suap kepengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen Tahun 2016 sejak 2 November 2016 lalu.

"Surat apa? belum ada (surat pergantian Taufik dari PAN)," ujar Fahri di Kompleks Parlemem, Senayan, Jakarta, Senin (3/12).

Menurutnya, selama surat pergantian tersebut tidak dikirimkan DPP PAN, maka pergantian wakil ketua DPR untuk posisi dari PAN tidak akan diproses. Begitu pun jika Taufik belum mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pimpinan DPR.

"Ya kalau dia nggak mengundurkan diri ya nggak bisa diganti. Kalau ada pengunduran dirinya ya diproses," kata Fahri.

Wakil Ketua Umum PAN  Bara Hasibuan menyebut DPP PAN masih memproses nama yang akan menggantikan Taufik di posisi wakil ketua DPR. Ia berharap proses tersebut bisa selesai hari ini dan langsung dikirimkan ke pimpinan DPR.

"Nanti kita lihat aja nanti mudah-mudahan hari ini akan kita kirim itu suratnya. Karena memang masih dalam proses kita tentukan siapa pengganti pak Taufik ya," ujar Bara.

Bara membantah ada dinamika dalam internal PAN dalam menentukan nama calon pengganti wakil ketua DPR tersebut. Menurutnya, lamanya proses penentuan sosok lantaran DPP PAN hendak mencari calon pengganti yang tepat.

"Ya artinya kita ingin mencari pengganti pak Taufik yang paling tepat ya, dari segala aspek, dari segala segi senioritas, kemampuan karena posisi wakil ketua DPR ini bukan posisi yang main-main. Posisi strategis, posisi yang terlama. jaid kita betul-betul cari figur yang tepat untuk bisa mengganti," kata Bara..

Sebelumnya, Zulkifli Hasan menjanjikan surat penggantian Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN, Taufik Kurniawan akan dikirimkan ke pimpinan DPR Senin (3/12) ini, saat ditanyai progres pergantian pada pekan lalu. "Sudah nanti hari Senin (hari ini), surat sudah masuk masuk ke DPR," ujar Zulkifli di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/11) pekan lalu.

Namun, Zulkifli enggan membocorkan nama perwakilan PAN yang akan menggantikan posisi Taufik Kurniawan di pimpinan DPR tersebut. Sebaliknya, ia meminta semua pihak menunggu sosok yang diputuskan DPP PAN tersebut.

"Sudah Senin nanti, tinggal baca beritanya, masa langsung sekarang juga," ujar Zulkifli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement