Senin 03 Dec 2018 10:23 WIB

Kantor Layanan Pemkot Malang Diminta Lebih Ramah Disabilitas

Masih ada beberapa gedung yang perlu diperbaiki agar ramah difabel.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Friska Yolanda
Wali Kota Malang Sutiaji saat meresmikan Gedung Baru Kantor Kelurahan Blimbing di sebelah timur Stadion Blimbing, Kota Malang, Ahad (2/12).
Foto: Humas
Wali Kota Malang Sutiaji saat meresmikan Gedung Baru Kantor Kelurahan Blimbing di sebelah timur Stadion Blimbing, Kota Malang, Ahad (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kantor layanan Pemerintahan Kota (Pemkot) Malang diminta untuk lebih ramah terhadap penyandang disabilitas. Hal ini terutama pada kantor-kantor kelurahan yang tersebar di lima kecamatan Kota Malang.

"Kalau tidak ada fasilitas fisik yang memudahkan kaum difabel artinya pelayanan yang diberikan harus dapat memudahkan mereka, seperti di gedung ini, karena memiliki dua lantai, maka ada jalur khusu bagi kaum difabel untuk dapat naik ke atas," kata Wali Kota Malang, Sutiaji saat meresmikan Gedung Baru Kantor Kelurahan Blimbing di sebelah timur Stadion Blimbing, Kota Malang, Ahad (2/12).

Sutiaji tak menampik masih ada beberapa gedung pemerintahan yang belum menerapkan konsep tersebut. Salah satu di antaranya Gedung Balaikota Malang yang tidak memiliki jalur khusus bagi para penyandang disabilitas. Kondisi ini tentu menyulitkan mereka yang berkebutuhan khusus untuk naik ke atas lantai gedung. 

"Karena tidak ada jalur khusus bagi kaum difabel untuk naik ke atas, maka ke depan, pelayanan bagi kaum difabel akan di sediakan pada lantai satu," jelas Sutiaji.

Pada kesempatan tersebut, Sutiaji juga telah meresmikan penggunaan gedung baru Kantor Kelurahan Blimbing yang terletak di sebelah timur Stadion Blimbing. Dengan fasilitas baru ini, Sutiaji berharap, pegawai setempat dapat menjalankan tugas-tugas keseharian lebih nyaman. Selain itu, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan yang dapat memunculkan ide-ide kreatif bagi pembangunan wilayah.

"Dengan bangunan baru ini juga, saya mengharap agar seluruh ASN di kelurahan Blimbing dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," tegas Sutiaji.

Di sisi lain, Sutiaji juga mendorong warga setempat untuk melaporkan segala hal yang terjadi di kelurahan. Hal ini terutama apabila menemukan ASN yang melakukan kesalahan. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement