Senin 03 Dec 2018 10:14 WIB

Memasak Rendang Terbanyak di FNM Pecahkan Rekor MURI

Kelezatan rendang sudah mendunia.

Rep: Adysa Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berbincang dengan peserta lomba masak Randang pada acara Festival Nusantara Marandang 2018 di Kawasan Gelora Bung Karno,Senayan, Jakarta, Ahad (2/12).
Foto: Republika/Prayogi
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berbincang dengan peserta lomba masak Randang pada acara Festival Nusantara Marandang 2018 di Kawasan Gelora Bung Karno,Senayan, Jakarta, Ahad (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasak rendang terbanyak di Festival Nusantara Marandang (FNM) memecahkan rekor MURI di Jakarta. Salah satu kegiatan menarik yang digelar di FNM adalah lomba memasak randang yang diikuti oleh peserta dari 34 provinsi. 

Kegiatan ini berhasil memecahkan rekor MURI untuk kreasi memasak randang terbanyak secara bersamaan dengan jumlah resep sebanyak 34 macam.

"Orang Papua, Maluku, Sulawesi, bisa masak Randang. Randang ini mulik Indonesia. Kita tak perlu cemburu bila industri Randang di luar Sumbar lebih besar, asal rasanya tetap rasa Randang Minangkabau," kata Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno.

Randang merupakan kuliner khas Minangkabau yang kelezatannya telah mendunia. Randang beberapa kali dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia selama empat tahun berturut-turut oleh salah satu kantor berita CNN.

Selain mendulang popularitas di kancah dunia, randang juga menjadi salah satu kuliner yang disukai masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Tak ayal, tiap daerah memiliki sentuhan cita rasa tersendiri dalam rendang yang disajikan.

Banyaknya variasi randang di berbagai daerah ini mendorong Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menggelar FNM. Melalui festival berskala nasional ini, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat ingin menyamakan stadar rasa maupun penyajian dari randang.

"Tadi kita lihat ada 34 provinsi, rata-rata bikin randang sesuai karakter mereka, bukan sesuai cara asli Minangkabau," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumatra Barat Jasman Rizal kepada Republika.co.id pada Ahad (2/12).

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat juga menghadirkan para tukang masak yang sudah ahli dalam membuat randang otentik Minangkabau. Melalui para tukang masak ini, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat ingin memperlihatkan para pengunjung mengenai cara memasak randang yang benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement