Ahad 02 Dec 2018 22:15 WIB

200 Ribu Benih Ikan Disebar ke Sungai dan Selokan Sukabumi

Langkah ini dilakukan untuk menjaga ekosistem dan lingkungan sungai serta selokan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Israr Itah
Pelepasan benih ikan ke sungai Elo. (ilustrasi)
Foto: Antara/Anis Efizudin
Pelepasan benih ikan ke sungai Elo. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 200 ribu ekor benih ikan disebar ke sejumlah aliran sungai dan selokan di Kota Sukabumi. Langkah ini dilakukan untuk menjaga ekosistem dan lingkungan sungai serta selokan di Kota Sukabumi.

"Penebaran benih ikan ini dilakukan secara rutin setiap tahun," ujar Kepala Bidang Perikanan Balai Benih Ikan DKP3 Kota Sukabumi, Budi Buntaran, Ahad (2/12). 

Jenis benih ikan yang ditebar antara lain terdiri dari Tawes, Lalawak, Nilem, dan Nila. Ratusan ribu benih yang ditebar ini ungkap Buudi merupakan hasil produksi BBI DKP3 Kota Sukabumi. Lokasi produksi benih di wilayah Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. 

Benih ikan yang ditebar ke sejumlah sungai dan selokan ini, terang Budi, merupakan benih ikan unggulan yang diproduksi oleh BBI DKP3 Kota Sukabumi. Penebaran benih ikan ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

"Khususnya dalam upaya menjaga ekosistem serta lingkungan sungai dan selokan di Kota Sukabumi," imbuh Budi. Sehingga benih ikan ini dapat berkembang biak dengan baik di alam baik sungai dan selokan.

Di sisi lain Budi menerangkan, pada 2018 ini total benih ikan yang diproduksi oleh BBI DKP3 Kota Sukabumi mencapai 1.5 juta ekor berbagai jenis ikan. Jumlah ini telah sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah.

Budi menerangkan, benih ikan yang diproduksi oleh BBI DKP3 Kota Sukabumi ini dipasarkan ke bebagai daerah, di antaranya Kabupaten Sukabumi, Cianjur, dan Bogor. Ikan ini juga disebra ke daerah lainnya, tergantung permintaan dari masyarakat.

Ke depan, lanjut Budi, DKP3 berupaya optimal meningkatkan produksi benih berbagai jenis ikan. Ini untuk memenuhi kebutuhan para petani ikan, baik di dalam maupun di luar Kota Sukabumi. Caranya dengan melakukan perbaikan dan pembangunan kolam ikan baru, serta meningkatkan berbagai fasilitas, prasarana dan sarana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement