Ahad 02 Dec 2018 05:06 WIB

'Nusantara Marandang' Digelar di Parkir Timur Senayan

Nusantara Marandang dilatari keinginan memasyarakatkan randang secara nasional.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah
Randang itam, salah satu jenis masakan randang (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Randang itam, salah satu jenis masakan randang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum punya rencana menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan ini? Barangkali festival Nusantara Marandang yang digelar di area Parkir Timur Senayan Jakarta pada Ahad (2/12) bisa menjadi pilihan menarik.

Dalam acara yang dibuka pukul 09.00 pagi tersebut, pengunjung bisa menikmati sajian kuliner khas Minangkabau, khususnya randang. Juga ada demo memasak, hingga hiburan oleh deretan artis ternama. Festival ini juga akan menyajikan puluhan jenis randang, dari ratusan jenisnya yang ada di Tanah Minang.

"Ada lebih dari 400 jenis randang di Sumbar, karena setiap nagari memiliki spesifikasinya sendiri. Cara masak, dagingnya, bumbu, beda-beda. Makanya kami ingin eksplor randang Padang gimana, Bukittinggi gimana," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Sabtu (1/12).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatra Barat Nevi Zuairina menyebutkan bahwa acara Nusantara Marandang akan dihadiri juga oleh ibu-ibu PKK DKI Jakarta dan istri-istri gubernur seluruh Indoendia. Cara ini diharapkan mampu mendorong promosi randang ke daerah-daerah lain di Indonesia. Pihaknya juga akan menginisiasi dokumentasi ratusan jenis randang yang ada di Sumatra Barat setelah festival ini rampung.

"Nusantara Marandang ini dilatari keinginan kami untuk lebih memasyarakatkan randang di kancah nasional. Kami siapkan standardisasi pengolahan randang, dan kami hadirkan ahlinya agar pengunjung bisa belajar mengolah randang yang sebetulnya," kata Nevi.

Demi menarik minat masyarakat, Nevi mengungkapkan Nusantara Marandang akan diramaikan dengan penampilan kesenian oleh deretan artis ternama. Akan hadir seperti Ikke Nurjanah, Upiak Isil, dan demo memasak oleh Chef Marco Lim.

Selain demo memasak, acara juga diisi dengan kompetisi memasak, penampilan budaya, diskusi kuliner, dan lomba foto swafoto. Tertarik mencicip randang yang sebenarnya randang? Datang saja ke Parkir Timur Senayan, pagi ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement