Jumat 30 Nov 2018 08:40 WIB

Gempa Terasa di Kulonprogo Jumat Subuh

Gempa tersebut memiliki magnitudo 5,1 skala richter.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andi Nur Aminah
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.keyt.com
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KULONPROGO -- Gempa bumi dirasakan masyarakat Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (30/11) pagi. Getaran yang diakibatkan gempa bisa dirasakan sekitar pukul 03.42 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa tersebut memiliki magnitudo 5,1 skala richter.

Gempa terjadi di kedalaman 18 kilometer. Titik gempa tepatnya berada di 8.84 lintang selatan dan 109.74 barat timur. Lokasi gempa berada di 122 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Kulonprogo. 

BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami. Namun, gempa yang terjadi beberapa saat menjelang kumandang azan subuh sempat mengagetkan masyarakat. Utamanya, masyarakat yang hendak menuju masjid untuk melaksanakan ibadah shalat subuh.

Salah satu warga Kecamatan Wates, Rossi, mengaku sempat merasakan gempa. "Pas mau berangkat (ke masjid) berasa getar, tapi sebentar sehabis itu sudah tidak lagi," kata Rossi kepada Republika.co.id, Jumat (30/11) pagi.

Meski begitu, jarak gempa memang cukup jauh dari pusat DIY. Karenanya, gempa hampir tidak dirasakan masyarakat yang berada di kabupaten/kota lain di DIY. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement