Kamis 29 Nov 2018 22:26 WIB

BMKG: Waspada Peningkatan Curah Hujan Hingga 1 Desember

Peningkatan curah hujan tiga hari ke depan akibat konvergensi di beberapa wilayah

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Awan hitam menyelimuti langit perkotaan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG) meminta masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia.
Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Awan hitam menyelimuti langit perkotaan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG) meminta masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai terhadap adanya peningkatan hujan disertai angin atau kilat di sebagian wilayah Indonesia hingga Sabtu 1 Desember 2018 besok.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) BMKG Indonesia, Hary Djatmiko mengatakan, di tanggal 29 November 2018, wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung."Kemudian Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat," katanya seperti dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Kamis (29/11).

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang di hari dan tanggal yang sama dan kilat atau petir adalah Aceh, Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Papua.

Sementara itu, BMKG memprediksi keesokan harinya atau Jumat (30/11) masih ada beberapa wilayah yang mengalami hujan lebat yaitu Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Bali, NTB,  Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

"Kemudian wilayah yang hujan lebat disertai angin kencang atau kilat atau petir pada Jumat (30/11) adalah Aceh, Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua," ujarnya.

Kemudian pada Sabtu (1/12), wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat diantaranya Sumatra Utara, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara. Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat pada 1 Desember 2018 yaitu Aceh, Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua.

Ia menjelaskan, peningkatan curah hujan hingga tiga hari ke depan disebabkan akibat konvergensi memanjang dari pesisir barat Sumatra Utara hingga Lampung, dari Kalimantan Selatan hingga Sulawesi Tenggara dan dari Papua Barat hingga Papua. Kemudian belokan angin terdapat di Sumatra bagian selatan, Jawa, Kalimantan bagian barat dan tengah, Sulawesi bagian Tengah, Maluku Utara, dan perairan utara Papua.

Karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546315/18, http://www.bmkg.go.id, dan follow @infobmkg atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement