Rabu 28 Nov 2018 18:31 WIB

UMP Kembali Perkuat Kerja Sama dengan Thailand

UMP mengirim alumninya mengajar di sekolah-sekolah di Thailand.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Foto: wordpress.com
Universitas Muhammadiyah Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), terus mengembangkan jalinan kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan di Thailand. Berbagai bentuk kerja sama yang sudah dilakukan, antara lain dengan mengirimkan alumni UMP untuk mengajar di sekolah-sekolah di Thailand, pengiriman siswa di Thailand untuk studi lanjut di UMP, dan penguatan SDM guru di Thailand dalam pelatihan atau workshop yang dilakukan dosen-dosen UMP.

Terkait penguatan kerja sama ini, perwakilan UMP yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja sama Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UMP Dr Jebul Suroso, pekan lalu juga telah mengunjungi negara tersebut.

''Alhamdulillah, di Thailand kita bertemu dengan kurang lebih 15 kepala sekolah untuk menyepakati kerja sama UMP dengan sekolah sekolah di bawah naungan Yayasan As Salaam Institute Satun Branch, Yayasan Darul Uloom, dan Buranakarn Suksa Witya School,'' ungkapnya, Rabu (28/11). 

Dalam pertemuan tersebut, antara UMP dan yayasan pendidikan yang ada di Thailand sepakat menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dan menguatkan kedua belah pihak. Kerja sama ini, nantinya akan dikukuhkan dalam  MoU.

''Ada tiga hal yang akan kita kerjasamakan dalam waktu dekat ini. Antara lain, pengiriman alumni kita dari UMP untuk mengajar di sekolah yang ada di Thailand, program dosen mengajar, dan program studi lanjut,'' jelasnya. Dalam kerja sama alumni UMP yang akan mengajar di Thailand, Dr Jebul menyebutkan, alumni UMP disepakati akan mengajar pendidikan bahasa Inggris.

Direktur Kantor Urusan Internasional UMP yang ikut berkunjung ke Thailand, Santhy Hawanti PhD, menyatakan UMP akan terus mendorong akselerasi internasionalisasi institusi dengan diwujudkannya berbagai terobosan starategis. ''Hal itu dilakukan untuk memberikan akses seluas luasnya bagi seluruh civitas akademika UMP terutama mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dan beraktivitas internasional,'' jelasnya.

Dia menyebutkan, selain program pengiriman alumni untuk mengajar di sekolah-sekolah di Thailand, dalam kerja sama ini juga menyepakati pengiriman mahasiswa UMP untuk melakukan kegiatan teaching practicum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement