Senin 26 Nov 2018 16:58 WIB

Kasus Kemah Pemuda, Polda: Tak Ada Penyimpangan LPJ GP Ansor

Penyidik telah memeriksa pihak dari GP Ansor terkait kasus penyelewengan dana kemah.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Bayu Hermawan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, penyidik telah memeriksa pihak dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor terkait kasus dugaan penyelewengan dana kemah pemuda Islam Indonesia. Penyidik tidak menemukan adanya penyimpangan dari laporan pertanggungjawaban (LPJ) GP Ansor.

"Nah (menyoal LPJ GP Anshor yang sudah benar dalam penggunaan dana Rp 3 milliar), masalahnya ada pemuda Islam lain yang diikutkan ya. Jadi, kita masih cek berapa ormas saja yang mendapatkan, masih kita cek," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/11).

Namun, ia juga belum membenarkan apakah dana sebesar Rp 2 milliar yang dikelola Pemuda PP Muhammadiyah sudah sesuai LPJ atau belum. Sebab, Kemenpora memang memberikan dana sebesar Rp 5 milliar kepada dua organisasi pemuda Islam terbesar Indonesia itu, yakni GP Ansor dan Muhammadiyah. Dananya dibagi menjadi untuk GP Ansor sebesar Rp 3 milliar dan Muhammadiyah sebesar Rp 2 milliar untuk dikelola masing-masing.

"Masih dalam pendalaman (uang yang dikelola Muhammadiyah), belum lengkap pemberkasan kita," katanya.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya mengusut dugaan adanya penyelewengan dana dalam kegiatan kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia yang dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pada 2017 lalu. Hal tersebut diketahui setelah dikeluarkannya surat perintah penyelidikan dugaan penyimpangan anggaran dalam kemah dan apel tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono juga membenarkan pihaknya menerima sejumlah laporan sekitar dua pekan lalu terkait dugaan penyelewengan dana pada acara yang digelar di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, itu. Tapi, dia enggan merinci siapa saja pihak yang melaporkan.

Kemenpora bekerja sama dengan GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah menggelar Apel dan Kemah Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia. Acara yang diselenggarakan di pelataran Candi Prambanam, Sleman, Yogyakarta, pada Sabtu, 16 Desember 2017, lalu itu diharapkan bisa mempererat tali silaturahim. Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement