Jumat 23 Nov 2018 17:51 WIB

74 Tim Ikuti Kontes Mobil Hemat Energi di Padang

Pembiayaan KMHE 2018 ini mengeluarkan dana Rp 1,8 miliar.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Mobil hemat energi UMM
Foto: UMM
Mobil hemat energi UMM

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sebanyak 74 tim dari 48 perguruan tinggi se-Indonesia akan bertanding dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) keempat yang digelar di Kota Padang, Sumatra Barat pada 27 November - 2 Desember 2018 mendatang. Kompetisi ini akan menguji kreativitas mahasiswa dalam mengkreasikan mobil dengan efisiensi energi terbaik.

"Seluruh peserta 592 orang dari 48 perguruan tinggi se Indonesia, dan tiga diantaranya dari kampus di Sumatra Barat (Sumbar), yakni UNP, Unand, dan Universitas Dharma Andalas (Unida)," kata Ketua Pelaksana, Ardipa di Padang, Jumat (23/11).

Ardipal menyebutkan bahwa lomba kreasi mobil hemat energi ini sekaligus menjadi bahan pembelajaran bagi mahasiwa atas ilmu yang sudah dipelajari di kampus. Uniknya, Universitas Negeri Padang (UNP) yang sebelum belum pernah ikut dalam kompetisi ini, saat ini justru langsung didapuk sebagai tuan rumah.

Kontes yang diprakarsai oleh Dirjen Perguruan Tinggi Kemenristekdikti ini juga mencoba mengumpulkan ide-ide terbaik yang bisa diaplikasikan di masa mendatang. "Tentu KMHE juga upaya mengharumkan nama Indonesia di bidang kontes mobil hemat energi di tingkat nasional," kata Ardipal.

Sementara Wakil Ketua Pelaksana, Rifdarmon mengungkapkan bahwa setiap tim peserta KMHE 2018 terdiri dari delapan orang. Sebanyak 74 tim yang berlaga dalam KMHE 2018 ini akan mengitari race delapan kali putaran untuk memperebutkan hadiah uang tunai jutaan rupiah untuk setiap kategorinya.

"Pembiayaan KMHE 2018 ini mengeluarkan dana Rp 1,8 miliar, yakni dari Kemenristekdikti Rp 1,3 miliar, dan ditambah dari pihak UNP Rp 350 juta," kata Rifdarmon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement