Kamis 22 Nov 2018 22:19 WIB

Prabowo: Indonesia Harus Hormati Kedaulatan Australia

Prabowo tegaskan RI harus hargai keputusan Australia pindahkan kedutaan ke Yerusalem

Rep: Lintar Satria Zulfikar/Idealisa Masyrafina/ Red: Bayu Hermawan
Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto memberikan paparan dalam Indonesia Economic Forum 2018 di Jakarta, Rabu (21/11/2018).
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto memberikan paparan dalam Indonesia Economic Forum 2018 di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengatakan Indonesia menghormati kedaulatan Australia terkait pemindahan Kedubes Australia di Israel. Prabowo menekankan atas masalah Palestina Pemerintah Indonesia tidak setuju dengan kebijakan pemindahan tersebut.

Pemerintahan Joko Widodo sebelumnya sudah menegaskan sikap mereka terhadap pernyataan Perdana Menteri Scott Morisson yang ingin memindahkan kedutaan besar Australia ke Yerusalem. Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, pun segera menghubungi Canberra dan meminta konfirmasi pernyataan Morisson tersebut.

''Sebagai pendukung Palestina, tentu kami memiliki opini yang berbeda,'' kata. ''Tapi Australia juga negara merdeka dan berdaulat, jadi kami harus menghargai kedaulatan mereka.''

Politisi Gerindra, Dian Islamiati Fatwa, pekan lalu memprediksi akan ada reaksi negatif dari Indonesia bila rencana pemindahan kedutaan besar tersebut tetap dilakukan.

Marisson sendiri belum memutuskan apakah benar-benar memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Keputusan tersebut akan diumumkan pada akhir tahun. Tapi, ada kemungkinan Indonesia akan meminta jaminan dari Australia pemindahan kedutaan tidak akan dilakukan sebelum kesepakatan perdagangan bebas ditandatangani. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement