Kamis 22 Nov 2018 17:01 WIB

KKN UMP di Purbalingga Bantu Entaskan Kemiskinan

Bagi mahasiswa kegiatan ini menjadi sarana membantu pemerintah mengatasi kemiskinan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Kemiskinan, ilustrasi
Foto: Pandega/Republika
Kemiskinan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), tidak hanya dimanfaatkan untuk melaksanakan program kegiatan pembangunan di wilayah pedesaan. Namun juga membantu program pemerintah dalam mengatasi masalah kemiskinan.

Hal itu dikatakan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMP Dr Suwarno, saat melakukan monitoring dan evaluasi program KKN mahasiswa UMP di Purbalingga, Kamis (22/11). Dia menyebutkan, program KKN mahasiswa UMP yang dilaksanakan kali ini, mengambil tema "Pengentasan Kemiskinan". KKN ini sebagian kegiatannya didanai oleh Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan, antara lain melakukan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Selain kegiatan rehab RTLH, Suwarno menyebutkan mahasiswa peserta KKN melakukan kegiatan pembinaan kewirausahaan. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa melakukan identifikasi warga yang masuk kategori miskin, dan kemudian diberi wawasan mengenai kewirausahaan. Program pemberdayaan yang dilakukan, antara lain dengan mengembangkan ternak lele dan kambing.

''Bagi mahasiswa, kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk belajar langsung mengenai kegiatan pemberdayaan, sekaligus membantu pemerintah dalam mengatasi masalah kemiskinan,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement