Senin 19 Nov 2018 14:37 WIB

Situs Lembu Ayu akan Dijadikan Destinasi Wisata Religi

Banyak wisatawan datang ke Situs Lembu Ayu untuk sekadar berziarah

Ternak sapi Wagyu di Mayura Station diberi makan coklat sebagai bagian dari strategi penggemukan demi mendapatkan rasa daging yang gurih dan lembut.
Foto: ABC
Ternak sapi Wagyu di Mayura Station diberi makan coklat sebagai bagian dari strategi penggemukan demi mendapatkan rasa daging yang gurih dan lembut.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS - Keberadaan Situs Lembu Ayu di Desa Susukan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang merupakan benda cagar budaya diharapkan dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata religi.

"Banyak wisatawan datang ke Situs Lembu Ayu untuk sekadar berziarah karena secara kebetulan di sampingnya terdapat sebuah petilasan yang diyakini warga sebagai makam Kiai Pandung Aguna. Sebagian besar wisatawan yang datang merupakan warga keturunan Tionghoa," kata Kepala Dusun III Desa Susukan, Kasan, di Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya berencana mengembangkan Situs Lembu Ayu sebagai destinasi wisata religi, di samping daya tarik wisata lainnya yang dikembangkan oleh Pemerintah Desa Susukan seperti Taman Lazuardi dan kolam renang untuk anak-anak.

Kendati demikian, dia mengakui butuh proses lama untuk menjadikan Situs Lembu Ayu sebagai destinasi wisata religi karena Pemerintah Desa Susukan masih kesulitan untuk menyusun sejarah tempat tersebut.

Terkait dengan sosok Ki Pandung Aguna, dia mengatakan berdasarkan cerita turun-temurun, Kiai Pandemaguna sebenarnya merupakan seorang pencuri dengan sasaran orang-orang kaya yang tidak mau menolong fakir miskin. Menurut dia, harta benda yang dicuri Ki Pandung Aguna dari orang-orang kaya itu selanjutnya dibagikan kepada fakir miskin.

"Suatu ketika, Ki Pandung Aguna ketahuan sedang mencuri sapi, hingga akhirnya tubuhnya dipotong dan makamnya diyakini berada di dekat Situs Lembu Ayu," jelasnya.

Lebih lanjut, Kasan mengatakan berdasarkan keyakinan warga, Situs Lembu Ayu yang berada di sebelah selatan Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Satu Atap Sumbang, erat kaitannya dengan Situs Jambu yang berada di sebelah utara sekolah itu.

Menurut dia, di Situs Jambu yang berjarak sekitar 200 meter dari Situs Lembu Ayu terdapat sebuah makam yang diyakini sebagai petilasan Kiai Purbawasesa. Akan tetapi dari dua situs tersebut, kata dia, hanya Situs Lembu Ayu yang ditetapkan sebagai benda cagar budaya oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas.

"Mungkin karena di Situs Lembu Ayu terdapat beberapa benda bersejarah sehingga tempat itu dijadikan sebagai cagar budaya. Hanya saja, ketika hendak diresmikan sebagai cagar budaya oleh Pemkab Banyumas sekitar tahun 2004, salah satu benda bersejarah berupa patung lembu (sapi) putih yang kepalanya terpotong, hilang dicuri orang, dan sekarang sudah dibuatkan patung penggantinya oleh warga keturunan Tionghoa, namun tidak seperti aslinya, Sedangkan benda-benda lainnya masih tetap ada hingga sekarang," katanya.

Ia mengatakan benda bersejarah yang masih tersisa hingga saat ini berupa sebuah lingga dan dua buah yoni salah satunya berukuran kecil serta fragmen batu candi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement