Sabtu 17 Nov 2018 06:37 WIB

Sandiaga Bagikan Kiat Jadi Pengusaha Milenial Sukses

Sandiaga membagikan kiat itu lantaran Indonesia masih kekurangan pengusaha.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ratna Puspita
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno (tengah)
Foto: Antara/M Ibnu Chazar
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Sandiaga Salahuddin Uno membagikan kiat kepada generasi milenial yang ingin menjadi pengusaha yang sukses. Sandiaga membagikan kiat itu lantaran Indonesia masih kekurangan pengusaha meski ekonomi terus tumbuh. 

Kiat pertama, seorang pengusaha milenial yang sukses harus selalu berinovasi. Dalam era dengan teknologi selalu berkembang, jika tidak mengikutinya maka akan ketinggalan dengan teknologi itu sendiri. 

"Banyak dulu yang disebut sebagai ATM, amati, tiru dan modifikasi. Sekarang sudah berubah total karena sudah ada teknologi baru dan digital. Kita tidak bisa melakukan hal yang sama terus-menerus," kata Sandiaga di Gedung Ar-Rahmah, Kompleks Majid Al-Furqon, Yogyakarta, Jumat (16/11).

Kedua, harus berani mengambil risiko. Awalnya, ia menerangkan, pengusaha milenial yang sukses akan menemukan berbagai kesulitan dan kondisi 'jatuh bangun'. 

Namun, ia melanjutkan, hal tersebut jangan dijadikan sebagai alasan untuk menyerah. Sebab, dalam dunia kewirausahaan, seorang pengusaha harus berani mengambil resiko. 

"Suatu momen di mana mengambil sebuah keputusan dan keputusan tersebut bisa diambil untuk kesuksesan dikemudian hari. Sangat susah kalau enggak mau ambil risiko,” kata dia.

Ketiga, harus proaktif. Ia mengatakan seorang pengusaha milenial yang sukses harus aktif dalam membangun jaringan. 

"Orang sukses itu punya satu kesamaan yaitu punya teman yang banyak. Seribu teman kurang, satu musuh kebanyakan," katanya.  

Ia berharap dengan perkembangan teknologi saat ini, dapat dimanfaatkan generasi milenial untuk berwirausaha. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement