Jumat 16 Nov 2018 09:20 WIB

Pohon Tumbang Ganggu Lalu Lintas Jember-Banyuwangi

Jalur sempat macet total karena petugas memotong pohon melintang di jalan.

Ilustrasi Tim Biru Pemotong Pohon Tumbang
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Tim Biru Pemotong Pohon Tumbang

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Pohon tumbang di kawasan Gunung Gumitir sempat mengganggu jalur lalu lintas yang menghubungkan Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis malam (15/11). "Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur Jember menyebabkan tanah longsor disertai sebuah pohon yang ikut terbawa material longsor sehingga melintang menutup jalan di jalur Gumitir," kata anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana BPBD Jember, Rezha Pratama, di Jember, Jumat (16/11).

Menurutnya, petugas TRC PB BPBD Jember langsung  menuju lokasi setelah mendapat laporan dan bersama warga sekitar melakukan pemotongan pohon yang tumbang sambil melakukan pembersihan material longsor, agar akses jalan bisa dilalui kendaraan. "Kendala yang dihadapi di lapangan pohon yang tumbang tersebut berduri sehingga petugas harus ekstra hati-hati saat melakukan pemotongan. Selain itu, hujan lebat juga menjadi kendala petugas," ujarnya.

Pohon yang tumbang tersebut menyebabkan jalur yang menghubungkan Kabupaten Jember-Banyuwangi macet total karena petugas melakukan pemotongan pohon yang melintang di jalan tersebut. Setelah dilakukan pemotongan pohon dan pembersihan jalan dari longsoran, akses jalur Gumitir dibuka tutup untuk menghindari kemacetan yang cukup panjang. Pada Jumat pagi akses jalan di kawasan Gumitir berjalan lancar.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati saat melintas di jalur Gumitir ketika hujan deras mengguyur di kawasan setempat. "Ada beberapa titik yang berpotensi longsor dan pohon tumbang di jalur Gumitir sehingga kami imbau masyarakat meningkatkan kewaspadaannya saat melintas di perbatasan Kabupaten Jember-Banyuwangi itu saat hujan deras," katanya.

Ia mengatakan, BPBD Jember juga merekomendasikan agar dilakukan pemangkasan terhadap sejumlah pohon yang rawan tumbang, agar tidak roboh saat terjadi hujan deras sehingga mengganggu jalur lalu lintas di kawasan Gumitir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement