Selasa 13 Nov 2018 22:34 WIB

Pengunjung Pejaten Village Mal Laporkan Kehilangan Keluarga

Polisi melakukan penyisiran dalam lift mall

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Rahma Sulistya/ Red: Nashih Nashrullah
 Kebakaran melanda Mal Pejaten Village, Selasa (13/11) malam.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Kebakaran melanda Mal Pejaten Village, Selasa (13/11) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang warga mencari keluarganya yang diduga masih terjebak dalam salah satu lift Pejaten Village Mal. Perempuan yang masih berstatus mahasiswa bernama Abel itu meyakini ayahnya terjebak di lift.

Dia menceritakan saat asap mulai mengepul, ayahnya berada di lift mal. Sang ayah baru saja menonton film sendirian. Sang ayah menghubungi dan mengabarkan kondisi mal.

Kemudian, sambungan telepon terputus. Asap mulai mengepul sekitar pukul 20.30 WIB. Hingga pukul 22.21 WIB, Abel belum bisa menghubungi ayahnya. Pun tak ada kabar apapun dari rumah.

Petugas pemadam kebakaran kembali melakukan penyisiran dalam mal. Berdasarkan informasi petugas keamanan, ada empat lift dalam mal.

Ratusan orang berhamburan keluar dari mal Pejaten Village (Penvil), Jakarta Selatan, lantaran asap memenuhi setiap bagian yang ada di mal tersebut. Salah seorang pegawai Matahari, Sinta, mengatakan api memang berasal dari Matahari namun tidak diketahui penyebab kebakaran.

“Dari Matahari terus asapnya mengepul penuhin seluruh mal, kita semua langsung disuruh keluar. Semua orang juga langsung berlari keluar,” kata dia saat ditemui Republika.co.id di lokasi kebakaran, Selasa (13/11).

Hal senada juga diungkapkan salah satu pegawai restoran masakan Jepang, Citra, mengatakan api berasal dari Matahari dan hampir merembet ke bagian lain. Ia mengatakan saat awal kebakaran, ada dua pemadam kebakaran yang sudah mencoba padamkan api.

“Apinya dari Matahari, tadi ada dua mobil damkar yang sudah datang dan ada satu ambulans,” ujar dia saat ditemui di lokasi kebakaran.

Menurut dia, seluruh orang yang ada di dalam mal telah dievakuasi keluar, termasuk orang-orang yang sedang menonton di dalam Cinema XXI. Saat asap memenuhi seluruh ruangan, seluruh orang masih dapat dievakuasi.

“Sepenglihatan saya tidak ada korban, yang pingsan juga tidak ada, karena semua sudah keluar,” papar Yusuf yang juga bekerja di tempat yang sama.

Terkait kebakaran ini, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengatakan, telah mengirimkan petugas dari Polsek Pasar Minggu untuk datang ke lokasi. Saat ini, timnya masih bekerja di lokasi untuk mengecek lokasi kebakaran dan mengatur situasi lalu lintas.

“Kapolsek sudah menuju lokasi, tetapi saya belum dapat kabar lebih lanjut,” ujar Indra saat dihubungi Republika.co.id.

 

Mal Pejaten Village, Pasar Minggu, Jakarta Selatan mengalami kebakaran, Selasa (13/11) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Berdasarkan pantauan langsung Republika dari dalam lokasi, belum terlihat adanya api, namun asap tipis sudah memenuhi hampir seluruh lantai di gedung Pejaten Village.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement