Senin 12 Nov 2018 14:16 WIB

Pengerjaan Skywalk Tahap II Dikejar Beres Akhir Tahun

Progres skywalk tahap 2 ini sudah mencapai 40 persen.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Pengerjaan proyek Teras Cihampelas atau Skywalk tahap 2 di Jalan  Cihampelas.
Foto: Republika/Zuli Istiqomah
Pengerjaan proyek Teras Cihampelas atau Skywalk tahap 2 di Jalan Cihampelas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) tengah mengerjakan proyek pembangunann Teras Cihampelas atau Skywalk tahap II. Proyek ini dikejar agar rampung pada akhir tahun 2018 ini.

Kepala Bidang Pembangunan dan Pengendalian DPU Kota Bandung Herdis Bekti mengatakan progres skywalk tahap 2 ini sudah mencapai 40 persen. Diharapkan bisa terkejar rampung di akhir tahun meskipun musim penghujan.

"Insya Allah (terkejar akhir tahun). Akhir kontrak sampai dengan 15 Desember," kata Herdia saat dihubungi, Senin (12/11).

Ia menuturkan pengerjaan yang sudah selesai dilakukan yakni tahapan pondasi bangunan serta pemasangan sebagian tiang baja di sisi jalan untuk menopang skywalk seperti halnya Teras Cihampelas tahap pertama. Menurutnya masih ada sekitar 60 persen tahapan pembangunan yang tengah dikejar dan harus diselesaikan. Sehingga skywalk bisa digunakan dengan aman sesuai dengan konsep yang dirancang.

"Sisa pengerjaan yg 60 persen itu tiang tiang harus sudah selesai semua, terus lantai dari beton, pagar pengaman, di atas ada landscape, dan ada tiga tangga juga," tutur dia.

Ia menyebutkan skywalk akan dibangun sepanjang 250 meter melanjutkan dari tahap pertama menuju arah jembatan layang Pasupati. Pemkot Bandung mengalokasikan anggaran Rp 23 miliar untuk pembangunan yang dimulai pada Agustus lalu. Namun untuk tahap dua ini tidak disediakan lift seperti Teras Cihampelas yang sebelumnya.

Ia mengatakan tujuan dibangunnya skywalk tahap dua tak berbeda dengan tahap pertama. Yakni memberikan ruang pedestrian di salah satu kawasan pusat wisata di Kota Bandung itu. Sehingga masyarakat ataupun wisatawan bisa menikmati kawasan Cihampelas melalui Skywalk.

"Namun dengan anggaran yang ada sekarang, untuk sementara tidak ada jongko-jongko untuk dagang," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Republika di lapangan, tiang-tiang baja sebagian sudah terpasang di sisi kanan dan kiri jalan dan melintang di bagian atas. Pengerjaan berat dilakukan pada malam hari untuk mengantisipasi kemacetan. Sementara pada siang hari lebih difokuskan pada pengerjaan ringan seperti galian.

Sebelumnya, skywalk tahap satu telah dibangun lebih dulu dengan panjang 450 meter dan lebar tujuh meter. Proyek ini menampung 192 PKL Cihampelas dengan eragam fasilitas juga telah tersedia mulai dari toilet, kursi, hingga musala, bahkan area pejalan kaki ini juga ramah bagi penyandang disabilitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement