Rabu 07 Nov 2018 22:20 WIB

BMKG: Waspadai Peningkatan Curah Hujan Hingga 9 November

BMKG mengimbau masyarakat waspada terhadap dampak curah hujan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Hujan deras di wilayah Kabupaten Bandung yang terjadi sejak pukul 16.00  Wib, Rabu (7/11) hingga saat berita ini diturunkan, mengakibatkan pohon  tumbang di wilayah Soreang. Dampaknya, akses jalan kendaraan menjadi  terhambat.
Foto: Dok BPBD Kab Bandung
Hujan deras di wilayah Kabupaten Bandung yang terjadi sejak pukul 16.00 Wib, Rabu (7/11) hingga saat berita ini diturunkan, mengakibatkan pohon tumbang di wilayah Soreang. Dampaknya, akses jalan kendaraan menjadi terhambat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai terhadap adanya peningkatan hujan disertai angin atau kilat di sebagian wilayah Indonesia hingga Jumat 9 November 2018 besok.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) BMKG Indonesia, Hary Djatmiko mengatakan, di tanggal 7 November 2018, wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung. "Kemudian Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Papua," katanya saat dihubungi Republika, Rabu (7/11).

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang di hari dan tanggal yang sama dan kilat atau petir adalah Aceh, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur. Sementara itu, BMKG memprediksi keesokan harinya atau Kamis (8/11) masih ada beberapa wilayah yang mengalami hujan lebat yaitu Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah. Selain itu, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Papua.

Selain itu wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang atau kilat di hari yang sama adalah Aceh, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku Utara. "Kemudian wilayah yang berpotensi hujan lebat pada Jumat (9/11) adalah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Papua. Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang atau kilat atau petir pada Jumat (9/11) adalah Aceh, Sumatra Selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan," katanya.

Ia menjelaskan, peningkatan curah hujan hingga tiga hari ke depan disebabkan akibat melemahnya aktivitas aliran massa udara kering dari Australia serta terbentuknya area pertemuan angin di wilayah Jawa  serta pusat tekanan rendah di Laut Cina Selatan dan sirkulasi siklonik di Aceh dan Kalimantan Tengah. Konvergensi Sumatra Utara, Riau, Selat Malaka, dan Kalimantan Tengah. Kemudian belokan angin terdapat di wilayah Bengkulu, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sumatra Utara, dan Papua. 

Karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546315/18, http://www.bmkg.go.id, dan follow @infobmkg atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement