Rabu 07 Nov 2018 14:07 WIB

Karding Jelaskan Logo PKB di Bendera Merah Putih

PKB meminta soal bendera ini tak dipermasalahkan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil
Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Beredar foto bendera merah-putih yang ditempel lambang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di tengah-tengah bendera. PKB pun membenarkan perihal keberadaan bendera merah-putih dengan lambang partai PKB di atasnya.

Disampaikan oleh politikus PKB, Abdul Kadir Karding bahwa desain awal PKB tidak seperti itu. Desain awal ujarnya, adalah bendera PKB yang kemudian dibumbui centang merah putih.

“Jadi kalau yang dibuat standar oleh PKB dan didesain oleh PKB itu tidak  seperti yang ada di gambar ini, yang betul adalah gambar PKB lalu ada centang merah putih,” ungkap Karding kepada Republika.co.id pada Rabu (7/10).

Jika dianalogikan paparnya, desian PKB serupa dengan bungkus rokok marlboro. Sehingga harusnya tidak perlu dipersoalkan.

“Jadi kalau dianalogikan, kira-kira sama dengan apa yang dilakukan malbloro merah putih sehingga sebenarnya tidak ada masalah, tidak ada yang perlu dipersoalkan,” pinta Karding.

Yang dipersoalkan itu lanjut Karding, apabila Bendera RI kemudian ditempeli lambang PKB. Karena menurut UU pun lanjutnya, disebutkan ada aturan ukuran bendera tersebut serta ukuran antara warna merah dan putih.

“Yang dipersoalkan kalau bendera merah Putih ditempeli lambang PKB, itu tidak boleh karena menurut UU dan aturan, bendera merah putih ada jumlah ruas lebar sama antara merah dan putih, sehingga menurut kami itu tidak melanggar,” katanya lagi.

Namun bila kemudian foto-foto yang tersebar tersebut dipermasalahkan karena menabrak aturan. Karding mengaku siap untuk PKB mengkaji ulang.

“Bahwa kemudian ramai, saya kira kita tetap kembali pada peraturan. Jika peraturan tidak membolehkan seperti itu, maka akan kita kaji ulang,” ucapnya.

Seperti diketahui, Bendera Merah Putih dengan lambang PKB di tengah-tengahnya ditemukan dalam sebuah acara di GBL Surabaya. Bendera tersebut menjadi saksi acara konsolidasi dan lounching pasangan capres cawapres Nomor urut 01 pada 28 September 2018 lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement