Selasa 06 Nov 2018 20:59 WIB

Ganjar Lontarkan Gagasan Ensiklopedia Jawa Tengah

Ganjar berharap seluruh prestasi yang diraih bisa dijadikan satu dalam bentuk buku.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Ganjar Pranowo
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Ganjar Pranowo

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Guberur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melontarkan gagasannya untuk mewujudkan sebuah ensiklopedia mengenai Provinsi Jawa Tengah. Orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah ini menginginkan, ensiklopedi yang dimaksud akan menjadi pusat data tentang Jawa Tengah, baik dari potensi hingga capaian kinerja selama kepemimpinannya.

Hal ini disampaikannya di hadapan para pemangku jabatan yang baru dilantik, di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, Selasa (6/11).

Menurut gubernur, ia sangat berharap seluruh prestasi yang diraih bisa dijadikan satu dalam bentuk buku maupun data. Juga tentang penjelasan segala kekayaan yang dimiliki dan tumbuh subur di Jawa Tengah. “Baik terkait dengan Sumber Daya Alam (SDA), UMKM, profil penduduk, bahasa, seni dan budaya industri, pertumbuhan perekonomian dan lainnya,” kata Ganjar.

Keinginan ini, jelasnya, didasari oleh berbagai capaian prestasi Jawa Tengah, kinerja pemerintahan serta beragam kekayaan potensi unggulan yang dimiliki daerahnya. “Yang seperti ini, kok tidak ada yang menulis dengan baik dalam sebuah buku. Maka saya punya gagasan untuk mewujudkannya dalam ensiklopedi,” katanya.

Tujuannya agar orang lain bisa melihat Jawa Tengah tengah secara utuh. Di sisi lain, ensiklopedia tersebut juga bakal memudahkan siapapun yang berniat mencari informasi detail soal Jawa Tengah.

Sehingga nantinya bisa menjadi semacam buku pegangan dalam rangka melahirkan tata kelola pemerintahan yang semakin transparan sekaligus bisa dijadikan tolak ukur perkembangan di Jawa Tengah.

Data lengkap tentang Jawa Tengah atau ensiklopedia baik dalam bentuk buku maupun digital sangat dibutuhkan. Dengan begitu rekam jejak siapapun (yang berprestasi) bisa dimasukkan. “Maka, apapun yang ditampilkan dengan baik dalam ensiklopedia ini akan bisa diukur, termasuk di dalamnya pada era kepemimpinan siapapun di Jawa Tengah,” tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement