Selasa 06 Nov 2018 19:10 WIB

Selain Jawa Barat, Sulsel dan Sumbar Jadi Wilayah Strategis

Kedua daerah tersebut berdampak signifikan bagi calon.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Muhammad Hafil
Logo LIPI
Foto: lipi.go.id
Logo LIPI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia, provinsi Jawa Barat dinilai pengamat sebagai daerah paling strategis dalam kontestasi pilpres 2019. Selain itu, provinsi seperti Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat juga dianggap dapat mengeruk suara yang besar.

Menurut Peneliti LIPI, Prof Hermawan Sulistyo, Sulawesi Selatan menjadi wilayah yang mampu meraih suara yang besar karena memiliki jumlah pemilih yang banyak. Menurut data KPUD Sulawesi Selatan, DPT Pemilu 2019 tercatat sebanyak 5.972.161 orang.

"Sulsel belum ada yang garap padahal strategis, penduduk banyak pemilihnya juga, seluruh Sulawesi paling besar Sulsel," kata dia di Cikini, Selasa (6/11).

Selain Sulawesi Selatan, Hermawan juga mengatakan provinsi Sumatera Barat merupakan wilayah yang strategis di Sumatera. KPUD Sumatera Barat merilis DPT pemilu 2019 sebanyak 3.477.862 jiwa. "Sumatera Barat sudah digarap Jokowi, Prabowo belum," ucapnya.

Ia menuturkan, kedua daerah tersebut dapat berdampak signifikan bagi kemenangan salah satu calon pada pilpres 2019 mendatang. Menurutnya, daerah dengan jarak dekat seperti pulau Jawa memiliki selisih suara yang tipis. "Dampaknya dapat signifikan jika digarap dengan serius," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement