Selasa 06 Nov 2018 12:10 WIB

Ridwan Kamil Terima Surat Pengunduran Diri Bupati Indramayu

Bupati Indramayu mengundurkan diri karena alasan keluarga.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
Bupati Indramayu, Anna Sophanah
Foto: dok. Humas Pemkab Indramayu
Bupati Indramayu, Anna Sophanah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah menerima surat pengunduran diri Bupati Indramayu, Anna Sophanah. Ia pun akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk segera memproses pergantian bupati definitif. Ridwan Kamil mengatakan bahwa dalam surat yang diterimanya, alasan Anna mundur dari jabatannya karena faktor keluarga.

"Alasannya lebih banyak alasan keluarga, ya. Jadi, bukan urusan kedinasan. Beliau ingin lebih mengurusi keluarga di sisa waktunya yang mungkin selama ini agak terkendala karena kedinasan luar biasa," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat ditemui seusai membuka Pameran Buku Jabar di Landmark, Kota Bandung, Selasa (6/11).

Baca Juga

Emil mengatakan, keputusan akhir mekanisme dan waktu peresmian dari kebijakan penggantian ada di tangan Mendagri. Namun, nantinya Wakil Bupati Indramayu, Supendi, kemungkinan besar akan naik jabatan mengisi kekosongan yang akan ditinggalkan Anna.

"Wakilnya yang akan menggantikan dan (saya) meminta koalisi sebelumnya untuk memilihkan pendamping yang akan menjadi bupati definitif," katanya.

Emil mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak menanggapinya secara berlebihan. Ia pun memastikan program pembangunan tetap berjalan siapa pun pemimpinnya.

"Situasinya memang berbeda tiap masyarakat nanti kita upayakan yang terbaik," ujarnya.

Seperti diketahui, Anna Sophanah-Supendi ditetapkan oleh KPU Indramayu sebagai bupati dan wakil bupati Indramayu terpilih periode 2016-2021. Penetapan itu dilakukan melalui rapat pleno yang digelar di kantor KPU setempat, Sabtu, 23 Januari 2016.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Kabupaten Indramayu Nomor: 02/Kpts/KPU-Kab/Im.011.329110/I/2016 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Tahun 2015.

Keputusan itu ditandatangani oleh Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Moh Hadi Ramdlan. Anna Sophanah-Supendi diusung oleh Gerindra, PKS, dan Demokrat. Pasangan itu juga didukung oleh Partai Golkar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement