Sabtu 03 Nov 2018 23:59 WIB

Gempa 5,4 Skala Ritcher Guncang Bengkulu

BMKG menyebut gempa tidak berpotensi menyebabkan tsunami

Ilustrasi Gempa Bumi
Foto: EPA/Matteo Crocchioni
Ilustrasi Gempa Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi dengan kekuatan 5,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada Sabtu (3/11) malam.

Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi di kota Bengkulu itu terjadi pada pukul 22.58 WIB.

Pusat gempa bumi itu berlokasi di 3,83 Lintang Selatan - 101,76 Bujur Timur dengan kedalaman 59 kilometer, yang berada di laut 55 kilometer Barat Daya kota Bengkulu. BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Pada awal tahun 2018, Bengkulu juga pernah diguncang gempa bumi berkekuatan 5,0 skala Richter (SR). 

"Pusat gempa berada di barat daya Kota Bengkulu sehingga guncangan cukup kuat dirasakan warga," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Sudiyanto.

Ia mengatakan pusat gempa berada di 70 kilometer barat daya Bengkulu pada kedalaman 16 kilometer di dasar laut. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Lokasi gempa berada pada 4.41 Lintang Selatan - 102.13 Bujur Timur. getarannya dirasakan cukup kuat oleh warga Bengkulu."Getarannya kuat tapi sangat singkat, hanya beberapa detik," kata Andriyana, warga Kelurahan Pasar Melintang, Kota Bengkulu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement