Jumat 02 Nov 2018 15:48 WIB

Pemprov Jabar Dorong Bandara Cikembar Masuk Proyek Nasional

Kemenhub menyiapkan anggaran Rp 250 miliar untuk pembangunan fisik bandara Cikembar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi pembangunan bandara.
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ilustrasi pembangunan bandara.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong agar Bandara Cikembar di Kabupaten Sukabumi masuk dalam proyek strategis nasional (PSN). Menurut Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa, dorongan tersebut akan segera disampaikan ke pemerintah pusat agar bisa segera ditindaklanjuti.

Oleh karena itu, menurut Iwa, bersama sejumlah kepala dinas dan pihak terkait lainnya, pagi tadi menggelar rapat membahas pembangunan Bandara Cikembar, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (2/10). Berbagai hal dibahas dalam rapat tersebut. Salah satunya mengenai percepatan revisi rencana tata ruang dan tata wilayah (RTRW) Kabupaten Sukabumi.

"Di dalam revisi yang diajukan, sudah memasukan adanya pembangunan Bandara Cikembar," ujar Iwa.

Menurut Iwa, dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi sudah mengajukan revisi RTRW Kabupaten Sukabumi ke Pemerintah Provinsi. "Provinsi saat ini sedang dalam proses untuk diajukan ke pemerintah pusat," katanya.

Menindaklanjuti usulan tersebut, kata dia, pihaknya akan segera mengirimkan surat ke DPRD Jabar agar revisi tata ruang dan wilayah ini bisa menjadi prioritas pembahasan. "Supaya revisi RTRW di dalamnya ada Bandara Cikembar sudah bisa dimasukan dan dibahas," katanya.

Untuk mempercepat proses pembahasan revisi RTRW ini Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan mengirim surat ke pemerintah pusat agar evaluasi RTRW ini mendapat perhatian langsung. Dengan begitu prosesnya akan bisa cepat.

"Karena (revisi RTRW) ini berkaitan dengan penerbitan lanjutnya, khususnya untuk pembebasan lahan karena penlok (penetapan lokasi) akan terkait RTRW juga," katanya.

Iwa mengatakan, akan berupaya semaksimal mungkin agar proses administrasi ini bisa selesai dalam waktu cepat. Apalagi, pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan sudah menyiapkan anggaran Rp 250 miliar untuk pembangunan fisik bandara tersebut.

Selain mendorong percepatan revisi RTRW, kata dia, pihaknya juga mendorong agar Bandara Cikembar masuk dalam proyek strategis nasional. Dengan begitu prosesnya akan bisa lebih cepat.

"Kita dorong juga (Bandara Cikembar masuk) PSN dan kita segera kirim surat balasan dari Kemenhub. Tapi juga (kita tetap upayakan) sesuai ‎ketentuan percepatan revisi RTRW Jabar," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement