Kamis 01 Nov 2018 17:28 WIB
Sumsel Masuk Nominasi Destinasi Halal ASR 2018

Irene: Sumatra Selatan Itu Surganya Avonturir

Sumatra Selatan kaya akan destinasi wisata.

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto
Destinasi wisata halal di Sumatra Selatan (Sumsel) Bait Alquran atau Alquran Akbar yang berupa mushaf Alquran terbuat dari lembaran kayu setinggi 2 meter dengan lebar sekitar 1,5 meter. Berwarna dasar cokelat dengan tulisan timbul berwarna emas.
Foto: Foto: Maspril Aries/Republika
Destinasi wisata halal di Sumatra Selatan (Sumsel) Bait Alquran atau Alquran Akbar yang berupa mushaf Alquran terbuat dari lembaran kayu setinggi 2 meter dengan lebar sekitar 1,5 meter. Berwarna dasar cokelat dengan tulisan timbul berwarna emas.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Provinsi Sumatra Selatan masuk daftar nominasi destinasi halal terfavorit pada Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018. Sumsel termasuk dalam daftar 14 provinsi di Indonesia yang masuk dalam tujuan wisata halal atau ramah Muslim paling favorit di Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Irene Camelyn membenarkan kabar gembira tersebut. “Sumatra Selatan kembali bersaing dan masuk sebagai daerah destinasi wisata yang mencuri perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara. Kali ini masuk nominasi destinasi halal terfavorit pada Anugerah Syariah Republika 2018,” katanya, Kamis (1/11).

Menurut Irene Camelyn, agar Sumsel bisa meraih ASR 2018, harus bersaing dengan beberapa daerah, di antaranya Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatra Barat, Yogyakarta, dan daerah lainnya. “Untuk bisa meraih kemenangan ASR 2018 saya mengajak seluruh masyarakat Sumsel ayo vote Sumatra Selatan dengan klik https://republika.co.id/page/halal/2018 sebanyak-banyaknya,” ujarnya. 

Irene menjelaskan, Sumatra Selatan kaya dengan destinasi wisata. “Sumatra Selatan itu surganya avonturir. Sumatra Selatan lebih dari sekadar pempek dan jembatan Ampera. Kami sekarang memiliki sport tourism, yaitu Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City yang baru menjadi tempat pertandingan Asian Games XVIII. Sumsel juga punya destinasi wisata halal,” katanya.

Jika berkunjung ke Palembang, Irene mengajak wisatawan nusantara dan mancanegara jangan lupa datang ke Kampung Arab al-Munawar yang terletak di tepi Sungai Musi. “Kampung al-Munawar menjadi salah satu destinasi wisata halal di Sumsel. Kampung ini mencatat sejarah peradaban Arab di Indonesia. Di sini tinggal sebagian besar keturunan Arab di Palembang. Di sini ada arsitektur rumah panggung yang berusia sekitar 300 tahun dan bisa kuliner khas Timur Tengah, seperti nasi kebuli atau minum kopi dan kesenian Arab,” ujar mantan kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Sumsel.

Destinasi wisata lainnya adalah Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) dan Alquran Akbar atau Bait Alquran dari ukiran kayu terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Alquran 30 juz. Terbuat dari jenis kayu tembesu, khas ukiran Palembang. Mushaf Alquran terbuat dari lembaran kayu setinggi 2 meter dengan lebar sekitar 1,5 meter. Berwarna dasar cokelat dengan tulisan timbul berwarna emas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement