Senin 29 Oct 2018 11:39 WIB

Kotak Hitam Lion Air Kirim Sinyal Suara dari Dalam Laut

Kotak hitam pesawat telah dilengkapi dengan perangkat ULB yang mengirim sinyal.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nur Aini
Pesawat Lion Air  (ilustrasi)
Foto: AP/Trisnadi
Pesawat Lion Air (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mencari keberadaan kotak hitam milik pesawat Lion Air JT610 rute Jakarta-Pangkal Pinang. Ketua KNTK Soerjanto mengatakan, mesin pencari kotak hitam sudah diberangkatkan ke Muara Baru untuk memulai pencarian.

"Kita harapkan black box bisa ditemukan segera sebab pesawat itu juga masih baru. Kita ingin membuka black box sesegera mungkin agar kita tahu apa penyebabnya," kata Soerjanto di kantor Pusat Basarnas, Senin (29/10) pagi.

Ia mengatakan, kotak hitam pesawat terbang saat ini sudah disertai dengan perangkat underwater locator beacon (ULB). ULB berfungsi untuk memberikan sinyal guna memudahkan pencarian oleh KNKT.

Soerjanto menjelaskan, ULB secara otomatis akan memancarkan sinyal dan mentranskip rekam pesawat ketika tenggelam di dalam air. Sinyal dipancarkan melalui gelombang udara. 

"ULB tadi sudah memberikan sinyal suara dengan frekuensi 39 KHz. Mesin pencari sudah kita berangkatkan ke Muara Baru," ujarnya. 

photo
Beberapa serpihan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Senin (29/10).

Mesin pencari akan dibawa oleh penyelam hingga kedalaman 10 meter. Hal itu untuk memudahkan pencarian agar titik kotak hitam yang ditangkap melalui sinyal ULB lebih akurat. Berdasarkan laporan dari Basarnas, pesawat tenggelam hingga kedalaman antara 30-40 meter di permukaan laut. 

Sinyal ULB, kata dia, bisa bertahan hingga 30 hari. Namun, mengingat pesawat yang tenggelam merupakan jenis Boeing 737-800 MAX keluaran terbaru, ULB kemungkinan bisa bertahan dan memberikan sinyal hingga jangka waktu dua bulan.

Pihaknya berharap, sembari mencari keberadaan kotak hitam, tim evakuasi juga bisa menemukan kerangka inti pesawat Lion Air JT 610. "Mudah-mudahan. Begitu kita temukan kotak hitam, kerangkanya juga didapat," ujar dia. 

photo
Beberapa serpihan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Senin (29/10).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement