Senin 29 Oct 2018 06:00 WIB

Menpan-RB Ajak Generasi Milenial Perkuat Reformasi Birokrasi

Generasi muda diajak jalankan mesin birokrasi untuk memberikan pelayanan pada warga.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Endro Yuwanto
Menpan RB, Syafruddin
Foto: Kemenpan RB
Menpan RB, Syafruddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menilai generasi milenial menjadi tonggak penting bangsa Indonesia. Karena itu, ia mengajak generasi milenial untuk ikut memperbaiki reformasi birokrasi di Tanah Air.

"Kami harapkan kaum milenial bisa memberikan konstribusi besar kepada bangsa Indonesia terutama SDM aparatur yang akan menggawangi seluruh roda pemerintahan baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten, dan kota,” ujar Syafruddin saat acara Milenial Fest 2018 berkenaan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, Ahad (28/10).

Menteri Syafruddin mengatakan, pemerintah mengajak kalangan milenial untuk bergabung dalam birokrasi. Sebab dengan menjadi aparatur sipil negara (ASN), para generasi muda diajak menjalankan mesin birokrasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan segenap kemampuan terbaiknya.

Lebih lanjut, Syafruddin menjelaskan, saat ini pemerintah tengah melakukan rekrutmen CPNS dengan membuka 238.015 formasi. Terdiri atas 51.271 formasi untuk 76 kementerian dan lembaga dan 186.744 formasi untuk 525 pemerintah daerah.

Melalui seleksi CPNS kali ini, pemerintah berharap mendapatkan putra-putri terbaik bangsa. Menurut Syrafruddin, inovasi dan daya kreativitas yang tinggi serta dengan daya juang yang kuat, membuat birokrat milenial dinilai mumpuni dalam menjalankan peran dan terdepan dalam menjawab tantangan yang hadir di dunia. “Dengan generasi milenial yang inovatif sebagai human capital birokrasi, kita tidak akan kalah cepat dan inovatif dengan para pelaku usaha,” ujarnya menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement