Jumat 26 Oct 2018 15:06 WIB

Kota Bandung Jajaki Kerja Sama dengan Penang Malaysia

Peluang kerjasama perdagangan sangat mungkin dilakoni.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Oded M Danial

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjajaki kerjasama bisnis perdagangan dengan Pulau Penang dan Kedah, Malaysia. Pemkot Bandung pun menggelar pertemuan bisnis di Pendopo Kota Bandung, Jumat (26/10).

Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyambut baik rencana kerjasama dengan Penang dan Kedah. Pertemuan dengan sejumlah pengusaha Malaysia ini membuka peluang kerjasama tersebut.

"Ini kerja sama antara Penang dan Kedah dengan Kota Bandung dalam rangka bisnis perdagangan. Karena saya lihat yang datang tadi dewan perniagaan Penang dan Kedah," kata Oded kepada wartawan usai pertemuan.

Oded menilai peluang kerjasama perdagangan sangat mungkin dilakoni. Ia pun mendorong terjadinya hubungan yang baik antara Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kota Bandung dengan Dewan Perniagaan Melayu Malaysia Negeri Kedah.

Menurutnya kerjasama ini bisa terjalin dalam berbagai hal. Dari sisi perdagangan ini dapat turut meningkatkan performa ekspor impor Indonesia dengan Malaysia. Apalagi Kota Bandung terkenal dengan produk-produk kreatifnya.

"Iklim berusaha yang kondusif di Kota Bandung telah melahirkan ribuan pelaku industri kreatif. Produk kuliner dan fesyen sangat diminati orang Malaysia," ujarnya.

Selain itu, kata Oded, peluang investasi Pemkot Bandung di daerah tersebut juga cukup terbuka. Menurutnya daerah tersebut masih memnutuhkan pembangunan untuk menunjang potensi pariwisatanya.

"Mereka menyampaikan di sana masih kurang hotel di sana, makanya kalau ada yang mau inves di sana mereka sangat senang sekali. Tadi juga mereka sangat-sangat tertarik dengan fashion di Bandung, karena Bandung kota kreatif fahsionnya bagus-bagus. Jadi banyak hal yang bisa kita kerjasamakan," tuturnya.

Berdasarkan hasil perbincangannya dengan Presiden Dewan Perniagaan Melayu Malaysia Negeri Kedah, Zuhaizar bin Abdul Karim, Penang sekarang dikunjungi medikal turis sebanyak 1.300 orang per hari. Namun mereka masih kekurangan hotel dan membuka peluang bagi pengusaha dari Bandung yang hendak berinvestasi.

"Saya sangat berharap pertemuan ini turut mendorong kerja sama perdagangan yang semakin meningkat. Lebih jauh lagi menjadi sebuah kekuatan untuk meningkatkan perekonomian di masing-masing kota," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Konsulat Jenderal RI Penang, Iwanshah Wibisono menjelaskan, Bandung terkenal sebagai tempat factory outlet dan produk kreatif. Maka pertemuan hari ini dimanfaatkan untuk melihat peluang kerja sama usaha.

"Kami ke sini bersama Dewan Perniagaan atau asosiasi pengusaha dengan ragam jenis bisnis. Kami harap pertemuan ini dapat membuka peluang kerja sama ke depannya," ucapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement