Kamis 25 Oct 2018 22:55 WIB

Emil Minta Tim Saber Pungli Buat Buku Panduan Modus KKN

Ini merupakan komitmen Pemprov Jabar memberantas KKN.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Ridwan Kamil
Foto: ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat meminta agar tim Saber Pungli membuat buku panduan soal modus korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di lingkungan pemerintahan. Ridwan Kamil mengatakan, saat bertemu Sekretaris Saber Pungli Nasional Irjen Pol Widiyanto Poesoko di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (25/10).

"Intinya Saber pungli bantu kami buat buku panduan modus ada beberapa modus di Indonesia ini yang urusannya KKN dalam," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Emil menjelaskan, dalam pertemuan itu, ia sempat merinci 12 modus KKN yang kerap ditemukan dalam birokrasi pemerintahan. Antara lain, jual beli jabatan, korupsi bantuan sosial, korupsi perizinan, dan kutipan proyek.

Teorinya, kata dia, pertama, tadi malam tertangkap tangan jual beli jabatan satu Kepala Dinas dikutip ratusan juta. Modus kedua di Bekasi suap perizinan, potongan hibah bansos, ada hibah Bansos fiktif, setoran paksa bawahan tiap bulan harus setor sesuatu.

"Saya juga dengar begitu modusnya. Itu baru versi yang saya ketahui," katanya.

Menurut Emil, sebagai gubernur baru berkomitmen memberantas KKN tapi saya ingin lebih canggih, lebih kuat, lebih hebat, lebih teknologis. "Sehingga dalam 5 tahun 12 modus ini kita berantas disitulah Saya butuh masukan dari tim Saber Pungli," katanya.

Selain itu, Emil pun meminta tim Saber Pungli untuk lebih proaktif dan rajin mempublikasi tiap kegiatan atau ungkap temuan agar masyarakat lebih mengetahui keberadaan tim Saber Pungli.

"Karena seringkali yang breaking news selalu KPK. Kalau istilah sahabat saya, Tuhan itu maha tahu tapi warga perlu dikasih tahu," katanya.

Jadi, kata dia, memang harus dikasih tahu sebagai laporan karena komunikasi publik di Indonesia seperti itu. "Kalau kita tidak memberi tahu padahal kita kerja publik menganggap kita tidak melakukan kegiatan," kata Emil.

Di tempat yang sama Sekretaris Saber Pungli Nasional Irjen Pol Widiyanto Poesoko mengatakan, pihaknya telah menyusun panduan modus pungli hingga tingkat dinas. Karena, Gubernur Jabar memiliki ide untuk membuat anatomi crime Pungli.

"Yakni dari mulai suap, jual beli jabatan. Kami sudah buatkan itu tuh saya sudah buat pemetaan pungli di tiap dinas. Nanti saya bicarakan ke Pak Gubernur," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement