Kamis 25 Oct 2018 17:07 WIB

McGregor Akhirnya Ungkap Penyebab Kekalahannya

Pukulan tangan kanan yang mengubah jalannya ronde dan pertarungan

Khabib Nurmagomedov melepaskan pukulan ke arah wajah Conor McGregor pada laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (8/10) waktu setempat.
Foto: John Locher/AP
Khabib Nurmagomedov melepaskan pukulan ke arah wajah Conor McGregor pada laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (8/10) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sejak kekalahannya dari Khabib Nurmagomedov dalam pertarungan UFC 229 pada 7 Oktober lalu, Conor McGregor selama ini sibuk bepergian ke luar negeri untuk mempromosikan produk minumannya. Kini petarung yang memiliki julukan the Notorious ini akhirnya angkat bicara soal penyebab kekalahannya tersebut.

Lewat akun resmi Instagram-nya, @thenotoriousmma, McGregor memberikan analisis kekalahannya dari ronde ke ronde. "Dari sudut pandang olah raga, saya percaya ronde pertama menjadi miliknya. Posisi teratas lawan pagar penghalang," tulis McGregor, dikutip Rabu (24/10).

Sepanjang lima menit ronde pertama, Khabib dan McGregor terlibat adu gulat dengan Khabib mampu memegang kendali dengan tetap berada di posisi atas. Khabib menekan McGregor dengan terus mencoba menguncinya. Adapun McGregor bertahan dengan membuat "pagar penghalang" agar Khabib tidak berhasil menguncinya.

Dalam posisi gulat tersebut, tulis McGregor, keduanya masih bisa saling mendaratkan pukulan. Ada pukulan straight kiri di awal-awal. Tendangan lutut juga sempat mengarah ke wajah meski lemah tendangannya. Ada beberapa pukulan sikut dan skenario saling pukul lainnya.

Dari sudut pandang petarung, tulis McGregor, ronde pertama menjadi miliknya. "Lawan (Khabib) hanya mampu menguasai kakinya ketika menghadapi pagar penghalang hampir sepanjang ronde," tulis dia.

Di ronde kedua, McGregor mengaku kecolongan ketika pukulan tangan kanan Khabib mendarat telak di wajahnya. "Pukulan tangan kanan yang mengubah jalannya ronde dan pertarungan," tulis petarung berkebangsaan Republik Irlandia ini.

Setelah pukulan telak Khabib tersebut, McGregor sempat bangkit dan membalas dengan melepaskan tendangan lutut. Namun, kata McGregor, Khabib kembali menye rang bagian bawah untuk mengajaknya kembali beradu gulat.

McGregor menilai hal tersebut tidak masalah karena gulat memang menjadi senjata andalan Khabib. Dan, McGregor menilai Khabib melakukan tindakan cerdas dengan terus mengajaknya bergulat hingga mampu tampil mendominasi sepanjang lima menit ronde kedua.

McGregor mengakui, ronde kedua memberinya pelajaran yang sangat berharga. Ia tidak mungkin menang dalam duel gulat yang memang andalan Khabib. McGregor mengaku tidak terlalu jago bergulat.

"Pelajaran. Jangan dengarkan orang lain, tetapi dengarkan pada kemampuan diri sendiri. Anda adalah penguasa alam semesta Anda sendiri. Saya semestinya mengambil apa yang menjadi milik saya sendiri," tulis dia.

Bersambung ke halaman berikutnya..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement