Kamis 18 Oct 2018 14:11 WIB

Polres Gresik Inisiasi Pembayaran SIM Lewat Go-Pay

Pembayaran SIM menggunakan Go-Pay di Gresik merupakan yang pertama di Indonesia.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Warga mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Satuan Lalu Lintas Polres Gresik, Jawa Timur menginisiasi layanan pembayaran SIM menggunakan metode uang elektronik, dengan memanfaatkan aplikasi Go-Pay. Kapolres Gresik, AKBP Wahyu S Bintoro menyatakan, layanan tersebut selain untuk mempermudah masyarakat, juga untuk mendukung pemerintah dalam Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

    

Wahyu juga menegaskan, layanan pembayaran SIM menggunakan Go-Pay di Gresik merupakan yang pertama di Indonesia. Wahyu kemudia  mengapresiasi GO-PAY, Telkomsel, dan BRI yang telah bersedia berkolaborasi menciptakan inovasi yang diyakininya mampu memudahkan masyarakat tersebut.

    

"Kami akan terus berkomitmen untuk terus berbenah diri dan meningkatkan layanan publik bagi masyarakat Gresik. Tentunya, peningkatan kualitas kerja serta kualitas layanan publik ini telah tercermin dari beragam inovasi yang bermuara pada pelayanan publik yang mudah, cepat dan transparan," kata Wahyu dalam siaran persnya, Kamis (18/10).

    

Wahyu meyakini, dengan upaya pembayaran uang elektronik bisa mengurangi peredaran uang di masyarakat. Langkah tersebut juga diyakininya mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan efisiensi dan keamanan bertransaksi secara nontunai.

    

"Masyarakat Gresik sudah bisa memanfaatkan fasilitas mulai hari ini, dan Go-Pay merupakan bagian dari ekosistem GO-JEK yang saat ini sudah di-download lebih dari 106 juta kali," ujar Wahyu.

    

Head of Sales Go-Pay, Arno Tse mengatakan, kerja sama dengan Polres Gresik dan Telkomsel ini adalah bagian dari upaya  mempermudah akses layanan keuangan bagi jutaan keluarga di Indonesia. Melalui instrumen pembayaran nontunai yang aman dan terpercaya, Go-Pay juga ingin turut meningkatkan kepercayaan masyarakat Gresik terhadap layanan publik dan pembayaran elektronik.

    

Kolaborasi ini, kata Arno, juga merupakan yang pertama kalinya di Indonesia, dimana Go-Pay bisa dimanfaatkan untuk membayar biaya SIM. "Melalui inovasi ini, kami mendukung Satlantas Polda Gresik untuk mengimplementasikan layanan yang transparan sekaligus meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Gresik," kata dia.

    

Arno kemudian menjelaskan terkait teknis pembayaran sim lewat Go-Pay. Menurutnya, masyarakat cukup membuka aplikasi Go-Jek, kemudian melakukan scan barkode atau Kode QR yang tersedia pada loket pembayaran SIM. Setelah itu, memasukkan jumlah yang ingin dibayarkan dan melakukan konfirmasi pembayaran.

    

"Kami memberikan promo bagi pengguna yang sudah berhasil melakukan transaksi pembayaran selama 17 Oktober hingga 31 Desember 2018 akan mendapatkan cashback atau dana kembali sebesar 20 persen, dan langsung masuk ke saldo GO-PAY pengguna," ujar Arno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement