Rabu 17 Oct 2018 22:19 WIB

Tol Palembang-Bengkulu Mulai Dibangun 2019

Waktu tempuh Palembang-Bengkulu menjadi sekitar 5,5 jam.

Pembangunan Tol Trans Sumatra di Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (19/8).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pembangunan Tol Trans Sumatra di Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pembangunan tiga ruas jalan tol Trans Sumatra yang menghubungkan Palembang ke Bengkulu sepanjang 330 kilometer (km) akan dikerjakan pada 2019. Manager Proyek Divisi Tol PT Hutama Karya (Persero) Hasan Turcahyo mengatakan jalan tol itu nantinya dapat memangkas jarak lintas dua provinsi tersebut sepanjang 147 km dengan waktu tempuh sekitar 5,5 jam.  

"Panjang jalan nasional Palembang-Bengkulu 447 km, sedangkan jalan tol yang akan dibangun dari Palembang ke Bengkulu sejauh 330 km," ujar dia, Rabu (17/10)  

Hasan menjelaskan jalan tol sejauh 330 km itu akan terbagi dalam tiga ruas. Tiga ruas itu yakni Indralaya-Muara Enim sepanjang 88 km, Muara Enim-Lubuk Linggau sepanjang 125 km, dan Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 95 km. 

Nantinya, ruas yang melewati Bukit Barisan sepanjang 6,67 km akan dibangun terowongan. Saat ini, HK sedang menyiapkan tahapan prakonstruksi, seperti studi kelayakan, analisa dampak mengenai lingkungan (Amdal), serta desain awal dan dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT). Semua persiapan itu ditargetkan rampung awal Januari 2019.   

"Setelah itu akan dilanjutkan dengan penetapan lokasi, pembebasan lahan, dan konstruksi," kata dia.   

Pembangunan tiga ruas tersebut tidak dilakukan bersamaan. Ruas Indralaya-Muara Enim dan Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu dibangun tahun depan, sedangkan ruas Muara Enim-Lubuk Linggau akan dibangun pada 2023.  

Proyek ini ditaksir menelan biaya hingga Rp 33 triliun itu diagendakan selesai pada 2022 untuk dua ruas pertama dan  2027 untuk ruas terakhir.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement