Selasa 16 Oct 2018 13:12 WIB

Jokowi Minta Semua Daerah Sediakan Fasilitas Ramah Difabel

Jokowi berjanji mengundang masyarakat difabel ke Istana.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Muhammad Hafil
Presiden Joko Widodo mengamati toilet khusus disabilitas ketika meninjau fasilitas umum untuk masyarakat berkebutuhan khusus di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (16/10/2018).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo mengamati toilet khusus disabilitas ketika meninjau fasilitas umum untuk masyarakat berkebutuhan khusus di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (16/10/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau fasilitas umum bagi masyarakat berkebutuhan khusus di sekitar Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (16/10) pagi. Ia mendorong seluruh provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia turut menerapkan fasilitas ramah terhadap disabilitas.

"Kita ingin mendorong agar semua provinsi, semua kota, semua kabupaten itu juga ramah terhadap disabilitas ini yang ke depan yang ingin terus kita dorong," ujar Jokowi.

Menurut dia, fasilitas yang ramah untuk para difabel ini perlu dibangun di berbagai bangunan publik, fasilitas umum, serta transportasi. Ia mengatakan, pemerintah akan mendorong pembangunan fasilitas bagi difabel dengan memberikan pajak insentif.

Presiden juga berjanji akan mengundang masyarakat berkebutuhan khusus untuk membahas masalah fasilitas bagi difabel ini. Selain itu, Jokowi juga akan mengundang para difabel ke Istana untuk membahas terkait kewirausahaan.

"Entah nanti dikaitkan dengan pajak, bisa juga dikaitkan dengan insentif yang lain nanti saya ingin mengundang rekan-rekan kita disabilitas untuk bicara ini. Bisa saja diberikan insentif atau dikaitkan dengan pajak atau izin layak fungsi," jelas Jokowi.

Mengenai pembangunan fasilitas ramah difabel, Jokowi akan meminta masukan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia dan Gubernur. "Sehingga yang kurang apa nanti secara detail saya diberi masukkan oleh Pak Menteri PU, Pak Gubernur juga beri masukan," tambah Jokowi.

Dalam peninjauan ini, Presiden turut didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement