Sabtu 06 Oct 2018 09:40 WIB

TKN Belum Pastikan Posisi Yenny Wahid

Posisi Yenny tergantung dari komunikasi antara Erick Thohir dan Yenny sendiri.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Muhammad Hafil
Anak Alm. Abdurahman Wahid, Yenny Wahid.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Anak Alm. Abdurahman Wahid, Yenny Wahid.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih belum menentukan posisi Yenny Wahid dalam tim pemenangan. TKN mengaku belum membicarakan lebih lanjut terkait hal tersebut.

BACA JUGA:

Baca Juga

"Kita belum dapat infromasi lebih jauh," kata Wakil Ketua TKN Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Abdul Kadir Karding di posko pemenangan Jokowi-Maruf, cemara di Jakarta Pusat, Jumat (5/10).

Karding mengatakan, posisi Yenny dalam tim pemenangan akan ditentukan bergantung dari komunikasi yang akan dilakukan Ketua TKN KIK Erick Thohir dan Putri keempat Gusdur itu. Namun, Karding belum mengungkapkan kapan waktu pasti komunikasi kedua tokoh tersebut.

Karding sebelumnya mengatakan jika wanita bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid itu akan masuk dalam komposisi TKN. Itu dilakukan setelah Yenny Wahid menyatakan sikap politiknya dengan mendukung pasangan pemimpin nomor urut 01.

Karding mengatakan, posisi Wakil Ketua TKN akan membuat Yenny sejajar dengan jabatan sebagian besar Sekretaris Jendral partai koalisi dalam tubuh tim pemanangan. Namun, dia menegaskan, posisi apapun yang diterima Yenny yang terpenting adalah perannya atau fungsi bagaimana teman-teman Gusdurian ini bisa menjadi warna tersendiri dalam gerakan Pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Dukungan Yenny, Karding mengungkapkan, menjadi bukti kedekatan perjuangan, kesamaan perjuangan, antara Jokowi dan cita cita Gusdur. Dia melanjutkan, dukungan juga menjadi penegasan akan komitmen Gus dur, gagasan Gus dur dan negasi Gus dur yang semakin terlihat.

Sebelumnya, Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Hasto Kristyanto mengatakan, pihaknya menyambut gembira dukungan yang diberikan oleh putri keempat Gus Dur itu.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Erick Tohir dan dia secara khusus akan berkoordinasi langsung dengan Mbak Yenny Wahid dan menjalankan agenda strategis pemenangan Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf," kata Hasto Kristyanto dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (26/9).

Hasto mengatakan, Yenny memang belum masuk ke dalam struktur TKN. Namun, dia melanjutkan, koordinasi secara langsung dengan Erick Tohir akan menempatkan wanita bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid itu pada posisi yang strategis.

Baca juga: Yenny Wahid Mantapkan Pilihan Capres-Cawapres.

Lebih lanjut Hasto menegaskan, Yenny Wahid tidak hanya memiliki basis kuat di keluarga Nahdliyin, khususnya GusDurian. Dia melanjutkan, Yenny juga memiliki basis dukungan luas di kalangan pemilih muda, kaum perempuan, terlebih dengan pengalaman internasional yang dimilikinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement