Rabu 03 Oct 2018 21:43 WIB

Efek Negatif Lupa Membersihkan Riasan Wajah Malam Hari

make up yang tak dihapus cenderung menyerap polusi dan bakteri

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menghapus makeup (Ilustrasi)
Foto: Boldsky
Menghapus makeup (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Entah itu kejadian biasa atau sekali sebulan, kita kadang lupa untuk menghapus riasan kita sebelum tidur. Padahal hal tersebut bisa membahayakan kulit Anda dalam jangka panjang.

Jika Anda cenderung melewatkan langkah penting itu di malam hari, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Pertama, yang jelas menurut dokter kulit dan dan direktur medis dari Dr. Tatiana Aesthetic Clinic Makeup memiliki kecenderungan untuk menyumbat pori-pori. Bahkan ia menambahkan bahwa mencuci wajah Anda di penghujung hari memberi Anda kesempatan untuk bersihkan puing-puing yang ada di dalamnya.

Kemudian, yang kurang jelas menyumbat pori-pori ini dengan bahan berminyak dapat menyebabkan mereka membesar, menjadi meradang, dan berpotensi luka. Ini terjadi karena riasan dapat mencegah fungsi normal kulit seperti yang dilansir melalui Pop Sugar.

“Ini dapat memblokir kelenjar sebaceous dan menyebabkan penumpukan sebum berlebihan, yang merupakan peradangan untuk kulit. Sangat penting untuk memahami bahwa minyak tidak berarti kelembaban atau hidrasi untuk kulit. Bahkan, minyak mengiritasi kulit dan meningkatkan risiko lainnya. masalah kulit seperti jerawat, rosacea, dan pigmentasi. Ada kesalahpahaman bahwa kulit berminyak lebih baik, yang sebenarnya tidak benar.”

Tapi pori-pori yang membesar tidak akan menjadi satu-satunya masalah Anda.“Make up membentuk lapisan berminyak pada kulit yang cenderung menyerap polusi dan bakteri,” kata Dr Lapa. 

“Memakai riasan Anda di malam hari berarti bahwa kulit Anda tercekik dalam lapisan kotor ini. Sel-sel kulit Anda tidak akan terurai dengan cara normal, dan kelenjar minyak mungkin mulai rusak. Ini berarti kulit Anda akan terasa berminyak, tidak sehat, dan kusam.”

Akibatnya, Anda mungkin mengalami lebih sering berjerawat, tekstur kulit yang buruk, dan kepekaan. Jika kulit bercahaya dan bebas noda yang Anda cari, rutinitas perawatan kulit yang baik harus menjadi prioritas Anda, dan sekarang mungkin saatnya untuk membershihkan wajah di malam hari sesibuk dan selelah apapun anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement