Rabu 03 Oct 2018 07:24 WIB

Sanksi Persib-Persija Jatuh, Liga 1 Dilanjutkan

PT LIB diminta untuk melanjutkan kompetisi mulai Jumat (5/10).

Sejumlah pendukung klub sepak bola Persija melakukan ziarah ke makam Haringga Sirila di Indramayu, Jawa Barat, Senin (24/9).
Foto:
Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria

Subdirektur Kompetisi LIB Tigor Shalomboboy mengaku sudah menerima surat permintaan PSSI agar Liga 1 2018 kembali dilanjutkan. Namun, Tigor mengatakan, LIB belum memutuskan tanggal pasti Liga 1 akan kembali digelar. Tigor menjanjikan, LIB akan memastikan kompetisi kasta utama tersebut dapat kembali digulirkan dalam pekan pertama Oktober.

“Permintaannya memang tanggal 5 (Oktober), tetapi kami harus komunikasikan ulang dengan banyak pihak karena ini terkait produksi, perizinan, penyiaran, dan lain-lain,” kata dia.

Salah satu klub Liga 1 yang sudah tidak sabar menjalani ketatnya kompetisi musim ini adalah Persija. Sesuai dengan jadwal, tim berjuluk Macan Kemayoran ini akan menghadapi Perseru Serui pada Sabtu (6/10). Namun, salah satu pemain kunci Persija, Marko Simic, baru saja mengalami kecelakaan lalu lintas pada Selasa (2/10). Meski bgitu, kondisinya dinilai tidak terlalu mengkhawatirkan.

Direktur Utama Persija Gede Widiade menjelaskan, mantan pemain Melaka United itu tidak mengalami cedera akibat kejadian tersebut. Menurut Gede, striker berjuluk Super Simic itu hanya mengalami luka ringan.

“Kondisi Simic baik-baik saja, tidak ada luka serius, hanya lecet di bagian tangan dan kaki. Simic tidak perlu ke rumah sakit. Malam setelah kejadian, ia sudah balik ke apartemennya," kata Gede di Jakarta.

Liga 1 sudah vakum sejak pekan lalu. Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi resmi menghentikan sementara kompetisi Liga 1 2018 pada Senin (24/9). Penghentian tersebut kemudian efektif berlaku mulai pekan ke-24 Liga 1 2018, Jumat (28/9) lalu. Edy menegaskan, penghentian tersebut tanpa batas waktu sebagai respons atas tewasnya Haringga.

Edy juga mengatakan, selama penghentian tersebut, tim investigasi dan pencari fakta akan bekerja mengusut insiden tewasnya Haringga. Hasil dari investigasi tersebut akan menjadi dasar bagi Komdis PSSI untuk menjatuhkan sanksi terhadap klub dan kelompok suporter yang terlibat dan bertalian dalam insiden tewasnya Haringga.

Sanksi kepada Persib pun sudah resmi diumumkan. Klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu mendapatkan hukuman berat. Maung Bandung tidak boleh berlaga dengan dihadiri pendukung setianya hingga akhir musim 2018. Hukuman serupa juga berlaku hingga setengah musim 2019. 

(ed: gilang akbar prambadi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement