Selasa 02 Oct 2018 13:43 WIB

Pemetaan Daerah Rawan Gempa Perlu Segera Dilakukan

Pemetaan langkah awal pencegahan pembangunan hunian di daerah rawan gempa.

Prajurit TNI mengangkat jenazah korban gempa Palu di TPU Poboya Indah, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (2/10).
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Prajurit TNI mengangkat jenazah korban gempa Palu di TPU Poboya Indah, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemetaan daerah rawan gempa terutama yang berada di sekitar patahan pergerakan lempeng bumi perlu segera dilakukan agar dapat menjadi langkah awal pencegahan pembangunan kawasan hunian di daerah rawan seperti itu.

"Perlu ada kajian dari ahli-ahli geologi," kata Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarief Burhanuddin di Jakarta, Selasa (2/10).

Hal tersebut agar tidak ada lagi permukiman atau tempat tinggal masyarakat yang dibangun di daerah patahan yang rentan terkena dampak gempa. Terdapat sejumlah permukiman yang luluh lantak di sejumlah daerah di Sulawesi Tengah akibat gempa bumi dan tsunami yang melanda daerah tersebut.

Syarief menyebutkan ada sejumlah permukiman yang saat ini masih dipenuhi puing-puing reruntuhan dan belum bisa dilakukan evakuasi dengan memadai karena kekurangan alat berat. Berdasarkan posisi dan kedalaman pusat gempa bumi maka kejadian tersebut disebabkan aktivitas sesar aktif pada zona sesar Palu-Koro yang berarah barat laut-tenggara.

Data dari Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu (29/9), menyebutkan tim tanggap darurat bencana diberangkatkan untuk memantau langsung kondisi setelah gempa. Dilihat dari kondisi geologi sekitar, guncangan gempa bumi telah melanda daerah Kabupaten Donggala. Wilayah di sekitar pusat gempa bumi pada umumnya disusun oleh batuan berumur pra-Tersier, Tersier dan Kuarter.

Batuan berumur pra-Tersier dan Tersier tersebut sebagian telah mengalami pelapukan. Batuan berumur pra-Tersier dan Tersier yang telah mengalami pelapukan dan endapan Kuarter tersebut pada umumnya bersifat urai, lepas, lunak, belum kompak (unconsolidated), bersifat memperkuat efek guncangan gempa sehingga rawan.

Baca juga: BMKG Lakukan Pemetaan Daerah Rendaman Tsunami

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement