Kamis 27 Sep 2018 18:31 WIB

Survei: Jokowi dan Prabowo Bakal Bersaing Ketat di Sumatra

Survei LSI Denny JA menunjukkan Jokowi dan Prabowo bakal bersaing ketat di Sumatra.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Peneliti LSI Ardian Sopa
Foto: Republika/Bayu Adji P
Peneliti LSI Ardian Sopa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengatakan, Jokowi-KH Ma'ruf Amin akan bersaing ketat dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di wilayah Pulau Sumatra. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, elektabilitas Jokowi-KH Ma'ruf Amin mempunyai selisih tipis dengan Prabowo-Sandi di wilayah Sumatra.

"Pulau Sumatera dengan base populasinya 20,8 persen, Jokowi-Ma'ruf sebanyak 44,8 persen, Prabowo-Sandi sebanyak 43,8 persen," kata Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta, Kamis (27/9).

Sedangkan untuk Pulau Jawa dengan base populasi sebanyak 56,7 persen, Jokowi-Ma'ruf mendapat dukungan sebanyak 52,6 persen. Sedangkan, Prabowo-Sandi mendapat dukungan sebanyak 25,9 persen. Sementara di Pulau Kalimantan, Jokowi maaih unggul 61,4 persen. Unggul jauh dari pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi dengan dukungan sebanyak 30 persen.

"Pulau Sulawesi Jokowi-Ma'ruf mendapat dukungan 58,9 persen, Prabowo-Sandi 26,7 persen," ujarnya.

Di wilayah timur Indonesia, khususnya Maluku dan Papua, Jokowi unggul telak 76 persen, sedangkan Prabowo 12 persen. Sementara di Bali dan Nusa Tenggara, Jokowi-Ma'ruf 50 persen, Prabowo-Sandi 35,0 persen.

Untuk diketahui, survei yang dilakukan LSI Denny JA menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200 responden. Wawancara dilakukan dengan tatap muka, dengan margin of error sebesar 2,9 persen. Pengumpulan data dilakukan 14 hingga 22 September 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement