Rabu 26 Sep 2018 14:37 WIB

BMKG: Nanti Malam Setengah Wilayah Banten Diguyur Hujan

Hujan diprediksi akan turun mulai malam hingga dini hari.

Rep: Muslim AR/ Red: Maman Sudiaman
Ilustrasi hujan
Foto: EPA/Alaa Badarneh
Ilustrasi hujan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Setelah didera suhu udara yang panas sejak kemarin, nanti malam sebagian wilayah di Provinsi Banten bakal diguyur hujan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, intensitas hujan lokal pada Rabu (26/9) malam nanti  intensitasnya mulai sedang hingga deras.

Beberapa daerah menunjukkan akan terjadi hujan dalam durasi yang lama. Wilayah Gunung Kencana misalnya, pada pagi hari cerah tanpa awan dengan suhu sejuk 21 derajat celcius. Namun pada siang hari, cuaca berubah menjadi berawan dengan suhu naik drastis di angka 29 derajat hingga 30 derajat celsius. Namun pada malam hari, angin berembus cukup kencang dengan kecepatan 19 kilometer per jam dan kelembaban udaha 85 persen di suhu 24 derajat celcius. Hujan ini akan berlangsung hingga dini hari.

Sedangkan wilayah Lebak, dengan cuaca pagi yang cerah tanpa awan, mendadak berubah menjadi panas hingga suhu 34 derajat celsius dan berawan pada siang harinya. Namun malam hari akan turun hujan dengan intensitas yang sedang dan akan berlangsung hingga dini hari.

Wilayah Malingping hanya didera hujan ringan sejak malam hingga dini hari. Wilayah ini tak menunjukkan tanda-tanda akan hujan pada siang hari bahkan cerah tanpa awan. Suhu 28 derajat celsius dengan kelembapan 75 persen dapat berubah dalam sekejap pada malam hari akibat angin dari arah tenggara yang terus menerus berhembus dengan kecepatan 19 kilometer per jam berlangsung sejak siang hingga malam hari. Suhu malam hari di Malingping akan berada id kisaran 24 derajat celcius dengan kelembapan 95 persen.

Hujan sudah menunjukkan tanda-tanadanya pada siang ahi di rangkas Bitung. Pada siang nanti diprediksi akan berawan dan turun hujan dengan intensitas sedang hingga deras pada malam harinya, hujan akan berlangsung hingga dini hari.

Untuk Kota Tangerang dan wilayah Tigaraksa, hujan deras diprediksi akan turun pada malam hari nanti hingga dini hari. Angin dari arah timur laut yang berhembus pada malam hari dengan kecepatan 9,3 kilometer per jam akan melewati Tangerang dan membawa awan hujan. Hal yang sama juga terjadi di wilayah Tigaraksa, bahkan asal hembusan angin dan kecepatannya juga tak jauh berbeda.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian selatan dan untuk waspada terjadinya potensi angin kencang. BMKG bahkan mengeluarkan peringatan dini untuk angin. kencang dan bahkan di wilayah perairan Samudera Hindia selatan Banten diprediksi akan terjadi gelombang tinggi.

Untuk wilayah Jakarta diprediksi akan cerah berawan sepanjang hari. Hanya wilayah yang berdekatan dengan Provinsi Banten yang akan menerima imbas awan hujan yang dibawa angin dari timur laut itu. Wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan yang berdekatan dengan wilayah Banten diprediksi akan berawan dengan kelembapan 60 persen di siang hari dan 80 persen pada malam harinya. Ada baiknya Anda membawa jas hujan dan payung selama melakukan perjalanan di wilayah Jabodetabek.

Wilayah Jakarta Timur diprediksi juga akan berawan pada siang hari dengan kelembapan 60 persen dan suhu tinggi 33 derajat celsius. Sementara kecepatan angin tidak terdeteksi karena arah angin yang berubah-ubah di Jakarta Timur. Meski begitu, angin yang berhembus dari arah timur laut wilayah Banten diprediksi akan sampai di Jakarta Timur pada malam hari, sehingga kelembapan mencapai 80 persen dan keceapatan angin 9,3 kilometer per jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement