Senin 24 Sep 2018 16:43 WIB

Kawasan Hutan Gunung Ciremai Kembali Terbakar

Kebakaran sudah bisa dikendalikan.

Gunung Ciremai
Foto: Flickr
Gunung Ciremai

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang berada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kembali terbakar pada Ahad (23/9).

"Betul (kemarin terjadi kebakaran kembali), tetapi sudah dikendalikan," kata Humas TNGC, Agus Yudantara saat dihubungi, Senin (24/9).

Menurut Agus, kebakaran terjadi di blok Sayangkak Desa Trijaya, Kecamatan Trijaya, Kabupaten Kuningan. Untuk saat ini, TNGC sedang melakukan pengukuran kawasan yang terbakar dan belum diketahui berapa luasannya.

"Kemarin (yang terbakar) blok Sayangkaak Desa/Kecamatan Trijaya. Untuk luas kawasan yang terbakar masih diukur," ujarnya.

Pada kurun waktu satu minggu ini, kawasan TNGC sudah dua kali terbakar yang pertama yaitu pada Selasa (18/9), di mana kebakaran kawasan hutan terjadi di Leuweung Kiara, Ciula, Lemah Neundeut Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus.

Kejadian kebakaran itu pertama diketahui oleh masyarakat. Kawasan hutan TNGC yang terbakar seluas 94,2 hektare. Kemudian pada Ahad (23/9) kembali terjadi kebakaran kawasan hutan TNGC dan pada hari itu juga bisa dipadamkan.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran, TNGC selalu patroli darat gabungan baik berjalan kaki atau motor. "Kami juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat berbatasan dan para pendaki," kata Agus.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement