Selasa 18 Sep 2018 11:31 WIB

BPJS Kesehatan Buka Layanan MSC di KUA

BPJS ingin memberikan kemudahan akses kepada masyarakat

Petugas melayani warga di kantor Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Petugas melayani warga di kantor Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Yogyakarta membuka layanan pendaftaran dan pembayaran Mobile Customer Service (MCS). Pelayanan di fokuskan di sejumlah Kantor Urusan Agama (KUA) di Yogyakarta.

"Jika sebelumnya MCS hadir di pasar-pasar, maka khusus di bulan September, MCS menyapa masyarakat di Kantor Urusan Agama (KUA)," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Dwi Hesti Yuniarti di Yogyakarta, Selasa (18/9).

Hesti menyebutkan selama September pelayanan difokuskan di KUA di Kota Yogyakarta yakni KUA Kecamatan Tegalrejo, KUA Kecamatan Wirobrajan, KUA Kecamatan Mergangsan dan KUA Kecamatan Umbulharjo, pada hari Kamis pukul 08.00-12.00 WIB.  Selain di KUA, palayanan juga dilakukan di di Gereja Katholik Santo Antonius dimana MCS akan buka setiap Ahad selama September pukul 07.00-11.00 WIB.

"Pelayanan MCS ini sama dengan pelayanan administrasi di kantor cabang. Mulai dari pendaftaran peserta, perubahan data peserta hingga pembayaran iuran," kata dia.

Menurut Hesti, melalui Program MCS yang menjangkau KUA hingga Gereja pihaknya ingin memberikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Lokasi-lokasi pelayanan publik, menurut dia, sangat strategis karena ramai dikunjungi sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan kesehatan.

"Tempat pelayanan publik seperti KUA dan Gereja kan pasti sering dikunjungi masyarakat. Bagi yang belum terdaftar bisa mendaftar, bagi yang belum bayar iuran bisa juga bayar di MCS. Atau bagi yang sudah terdaftar dan ingin tahu lebih banyak tentang JKN-KIS kami siap membantu," katanya.

Cakupan kepesertaan wilayah Kantor Cabang Yogyakarta per 31 Juli 2018, menurut Hesti, telah mencapai 91,62 persen. Angka tersebut mewakili pencapaian kepesertaan wilayah Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement