Sabtu 08 Sep 2018 12:46 WIB

Jalur Puncak Padat, Polres Bogor Berlakukan Contra Flow

Contra Flow mulai pukul Sabtu 07.00 hingga selesai

Rep: Khoirul Azwar/ Red: Hiru Muhammad
suasana di tol jagorawi menuju Puncak Jawa barat
Foto: dok khoirul azwar
suasana di tol jagorawi menuju Puncak Jawa barat

REPUBLIKA.CO.ID BOGOR--Untuk mengurangi kepadatan  arus lalulintas menuju Puncak, Bogor Porles Bogor memberlakukan  Contra flow dan Kanalisasi  di ruas tol Jagorawi Gerbang Tol Ciawi.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, pelaksanaan contra flow dan kanalisasi tersebut mulai dilakukan pada Sabtu (8/9) pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai. "Jam berapa akan selesai nanti kita lihat dulu kondisi lalu lintasnya. Situasional," kata Hasby di Ciawi, Bogor, Sabtu (8/9).

Disebutkan, pelaksanaan dan pengaturan  contra flow dan kanalisasi ini melibatkan berbagai pihak. Selain Polres Bogor juga pihak Jasa Marga Cabang Ciawi dan pengelola Tol Bocimi.

Hasby menjelaskan, pemberlakuan contra flow dan kanalisasi dilakukan untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan yang mengantre mengarah ke jalur Puncak pada situasi liburan long weekend yang menyebabkan GT tol Ciawi terhambat.

Kondisi itu mengakibatkan  arus kendaraan menuju ke arah Sukabumi menjadi tertahan lantaran   kendaraan yang mengantre ke jalur Puncak memenuhi ruas tol keluar  Ciawi. Adapaun  pemberlakuan contra flow menggunakan jalur kanan dari arah Sukabumi menuju arah Jakarta dan dilakukan berdasarkan kondisi dan situasi di lapangan.

Dia menghimbau agar masyarakat yang akan menuju baik jalur Puncak maupun ke arah Sukabumi lebih waspada dan menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalulintas. Sebab arus lalulintas akan semakin ramai dan padat mengingat pada Selasa (11/9) merupakan Hari Libur Nasional.

"Seperti biasanya pada akhir pekan apalagi  ada libur panjang. Kondisi lalulintas ke arah Puncak dan Sukabumi sangat padat. Kami mohon pengendra juga berhati hati dan mematihi rambu-rambu lalu lintas," kata Hasby.

Diharapkan masyarakat yang ingin ke Sukabumi bisa menggunakan jalur contra flow tersebut dengan baik. "Yang dahulu terjadi kemacetan ketika keluar Gerbang Toll Ciawi sekarang tidak lagi," ujarnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement