Rabu 05 Sep 2018 14:08 WIB

Usai Dilantik, Lukas Enembe akan Prioritaskan Pendidikan

Beasiswa bagi anak-anak Papua saat ini merupakan yang terpenting

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Gubernur Papua Lukas Enembe (kiri) bersama Wakil Gubernur Klemen Tinal (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Gubernur Papua Lukas Enembe (kiri) bersama Wakil Gubernur Klemen Tinal (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Papua Lukas Enembe berjanji akan memprioritaskan pendidikan bagi anak-anak Papua setelah kembali dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9). Menurut dia, beasiswa bagi anak-anak Papua saat ini merupakan yang terpenting untuk mengejar ketertinggalan pendidikan masyarakat Papua.

"Beasiswa anak-anak Papua menjadi penting dan jadi prioritas, pendidikan prioritas utama, area kita tertinggal begitu jauh. Banyak anak-anak Papua yang terlantar karena pendidikan tertinggal cukup jauh," ujar Lukas Enembe di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

Selain itu, ia juga akan berupaya mengejar ketertinggalan kesejahteraan masyarakat sehingga mengurangi angka kemiskinan di daerahnya. Menurut dia, melalui peningkatan pendidikan, maka indeks pembangunan manusia di Papua akan menjadi lebih baik.

Lukas pun menargetkan akan mengejar ketertinggalan indeks pembangunan manusia Papua pada 2019 hingga 70-71 persen. Lebih lanjut, pembangunan infrastruktur di Papua seperti trans Papua juga akan dipercepat. Sehingga jalan tersebut dapat diakses oleh masyarakat sekitar.

Menurut dia, percepatan pembangunan infrastruktur di Papua saat ini terkendala oleh anggaran yang cukup besar. "Kita butuh biaya besar untuk bangun Papua. Jalan trans Papua terlalu mahal harganya. Orang bisa bangun tapi jembatan belum ada, makanya kita akan kejar itu," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement