Selasa 04 Sep 2018 16:37 WIB

Pahlawan Super CAPLISTTER

Karya poster digital ini meraih juara ketiga.

Pahlawan Super CAPLISTTER
Foto: Ivan Divya Fauzan
Pahlawan Super CAPLISTTER

REPUBLIKA.CO.ID, Media online Republika.co.id menggelar lomba-lomba dalam rangka HUT RI dan ulang tahun Republika.co.id yang ke 23 pada Agustus lalu. Lomba terbagi dalam kategori menulis pelajar, menulis mahasiswa, poster digital untuk kalangan umum, dan video untuk umum.

Setelah melalui tahap seleksi dan penjurian, terpilihkan tiga karya terbaik untuk setiap kategori. Berikut adalah juara ketiga untuk lomba poster digital karya Ivan Divya Fauzan dari Ngawi, Jawa Timur.

photo
Pahlawan Super CAPLISTTER.

Makna Poster

Poster ini mengajak publik untuk peduli listrik dengan menghadirkan ‘pahlawan super’ CAPLISTTER (Cabut Perangkat Listrik saat Tidak Terpakai). pahlawan ini sebagai simbol ajakan untuk mencabut perangkat elektronik saat tidak terpakai.

Adalah Ir Amien Rahardjo, MT, Kepala LTTPL-EPES UI. Melakukan pengukuran alat-alat elektronik yang sering dipakai oleh kita sehari hari dalam keadaan standby atau tidak berbeban. Amien menemukan bahwa peralatanperalatan elektronik tersebut tetap mengkonsumsi listrik meski sedang tidak digunakan

Pahlawan Caplistter

Element visual pahlawan super sengaja dihadirkan dalam poster ini agar publik mempersepsikan bahwa kegiatan mencabut perangkat elektronik sedang tidak terpakai merupakan sebuah tindakan yang ‘heroik’. Kehadiranya juga bertujuan untuk memudahkan mengingat gerakan ini. Kostum yang berwarna green ditujukan sebagai simbol generasi hijau yang care energy, care nation, be green 100 persen.

Mencabut perangkat elektronik

Element visual kedua adalah perangakat elektronik yang sedang tidak digunakan dicabut oleh pahlawan Caplistter. element ini mengkomunikasikan tujuan utama dari poster tersebut yaitu mencabut perangkat listrik yang sedang tidak digunakan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement